logo

bg-h4-whiteKolumnis


Jumat, 25 Sep 2020 | 21:52

Volkswagen ID.4 2021. SUV Listrik dengan Daya Jelajah 400 KM.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Setelah meluncurkan ID.3 tahun lalu sebagai mobil listrik pertama dari Volkswagen (VW), baru-baru ini pabrikan mobil asal Jerman tersebut Kembali memperkenalkan mobil listrik terbarunya, ID.4. Jika VW ID.3 berjenis hatchback, maka mobil baru ini hadir dengan format SUV kompak. 

Mobil ini dibuat dengan basis mobil konsep ID. Crozz yang tampil perdana pada ajang Shanghai Auto Show 2017. Tapi tim desainer VW melakukan ubahan agar ID.4 ini terlihat lebih manusiawi ketika masuk jalur produksi. Dikembangkan di atas platform MEB (Modular Electric Drive Architecture), memiliki desain yang cukup futuristik. Bagian depannya terdiri dari sepasang lampu utama berbentuk lonjong. Lampu LED Daytime Running Lights mengelilingi lampu utama LED. Seperti mobil listrik lainnya, ID.4 hadir tanpa ada adanya gril radiator. Sebagai gantinya, terdapat lampu LED yang diletakkan secara horizontal dan terlihat menyambung dengan LED Daytime Running Lights.

Pada bagian bumper depan terdapat saluran udara yang berukuran cukup besar. Jika pada versi konsepnya terlihat seperti sebuah sedan yang ditinggikan, maka tidak pada versi produksinya. Ini terlihat dari absennya garis body khas sebuah sedan. Lampu belakang LED berbentuk huruf ‘C’ dan terdapat lampu ‘penghubung’ yang melintang diantara keduanya. Untuk urusan dimensi, mobil ini mempunyai panjang 4.585 mm, lebar 1.852 mm, tinggi 1.636 mm. Lalu untuk jarak sumbu rodanya adalah 2.766 mm. 

Di belakang roda kemudi panag tiganya yang diberi warna putih terdapat panel instrumen digital berukuran 5,3 inci dengan nama ID. Cockpit. Pengemudi bisa mengakses menu-menu pada panel instrumen tersebut melalui tombol pengoperasian pada roda kemudi. Pada bagian kokpit tengah terdapat layar sentuh berukuran 10 inci. Layar tersebut akan menampilkan berbagai fitur, seperti hiburan, fitur asisten pengemudi, dan setting kendaraan. Menariknya, kontrol menu kendaraan melalui Gerakan tangan (gesture control) dan voice control bernama Hello ID hadir sebagai kelengkapan standar.

SUV kompak ini hadir dengan 2 varian yang bisa dipilih konsumen. Varian pertama memiliki motor listrik pada roda belakang bertenaga 201 hp dan memiliki torsi 309 nm. Untuk varian ini memiliki baterai berkekuatan 77 kWh yang diposisikan di bawah body mobil. Jika baterai penuh ID.4 bisa menjelajah sejauh 402 km. Pilihan kedua memiliki tenaga yang lebih besar karena motor listrik ada pada roda depan dan belakang sehingga tenaga yang disemburkan adalah 302 hp. 

Bagaimana dengan pengisian ulang baterainya? Pihak VW mengumumkan bahwa mobil ini bisa di-charge dengan model AC dan DC yang memiliki kemampuan pengisian cepat. Jika menggunakan colokan berkekuatan 11 kW, maka baterai ID.4 bisa diisi ulang setara berjalan sejauh 53 km dalam waktu 1 jam. Membutuhkan waktu sekitar 7,5 jam untuk mengisi ulang sampai penuh menggunakan colokan rumah atau Level 2 di statsiun pengisian ulang umum. Jika menggunakan DC fast-charging yang berkekuatan 125 kW, maka baterai bisa diisi ulang dari 5% menjadi 80% hanya dalam waktu 38 menit. 

Photos: Carscoops


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Otowheel
Otowheel
ZonaVanza
Zonavanza
Rider
Rider

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter