logo

bg-h4-whiteKolumnis


Minggu, 14 Jun 2020 | 14:11

Volkswagen Nivus 2021. SUV-Coupe untuk Amerika Latin & Eropa.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Setelah menyebarkan foto teaser dan unit prototipenya tertangkap sedang menjalani uji coba, kini secara resmi Volkswagen (VW) memperkenalkan Nivus 2021. Ini merupakan crossover SUV-coupe yang berukuran kompak yang untuk sekarang ini hanya dipasarkan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Kabarnya tahun depan mobil ini juga akan dijual di Eropa dengan perubahan spesifikasi. Tentu saja.

Mobil yang menggunakan platform MQB-A0 ini diposisikan diatas VW T-Cross. Pihak pabrikan Nivus ini dibuat untuk konsumen yang menginginkan crossover berukuran kompak dengan desain yang tidak kaku. Untuk dimensinya, Nivus memiliki panjang 4.266 mm, tinggi 1.493 mm, jarak sumbu roda 2.566 mm, dan kapasitas bagasi dalam keadaan normal mencapai 415 liter.

Tim desainer VW berhasil membuat Nivus tampak modern. Pada bagian moncongnya, terdapat lampu utama persegi panjang khas VW dengan LED Daytime Running Lights yang ada pada bagian atas dan samping. Aksen silver pada gril radiator mobil diletakkan pada bagian tengah agar sejajar dengan LED Daytime Running Lights sehingga terlihat seolah-olah gril memiliki lampu LED. Lampu kabutnya berukuran cukup besar dengan posisi vertikal.

Agar terlihat gagah (dan merupakan ciri khas crossover), pihak VW juga memasang body plastic cladding hitam di sekujur tubuh Nivus. Karena ini adalah SUV-coupe, maka wajib hukumnya menghadirkan garis pilar C yang melandai layaknya sebuah coupe sejati. Dan untuk bagian belakangnya, lampu LED-nya memiliki bentuk persegi panjang dengan komposisi lampu rem yang bertingkat. 

Menariknya, Nivus dilengkapi dengan sistem multimedia terbaru yang bernama VW Play. Sistem ini dikembangkan sepenuhnya di Brazil. Lalu apa kelebihannya? Menggunakan layar berukuran 10,1 inci sistem ini bisa dikustomisasi tampilannya sesuai dengan selera penggunanya. Nantinya sistem akan mempunyai profil dari masing-masing pengguna dan bisa dihubungak dengan Android Auto dan Apple CarPlay dimana fitur nirkabel hanya untuk pengguna device iOS. Bahkan sistem hiburan ini juga mempunyai toko aplikasinya sendiri. Nantinya VW Play akan menjadi standar baru untuk seluruh produk VW yang ada di Brazil dan kemungkinan Amerika Selatan dan Amerika Tengah.

Sistem keselamatan yang menjadi kelengkapan standar Nivus adalah adaptive cruise control, 6 unit kantung udara, Stability Control, Traction Control, sampai Autoamtic Emergency Braking. Sementara itu fitur lainnya yang menjadi kelengkapan standar adalah AC, lampu belakang LED, sensor parkir bagian belakang, setir dengan tombol pengoperasian, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk fitur yang opsional adalah kamera belakang, kaca spion elektrik, sensor hujan, sensor lampu, dan lainnya.

Mesin yang digunakan untuk Nivus sama dengan VW T-Cross, yakni bensin berkapasitas 1.000 cc dilengkapi dengan turbocharged menghasilkan tenaga 128 hp. Gearbox yang digunakan adalah otomatis 6-percepatan. 


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Rider
Rider
ZonaVanza
Zonavanza
Otowheel
Otowheel

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter