logo

bg-h4-whiteKolumnis


Sabtu, 16 Nov 2019 | 06:41

ID.3 2020 Menjadi Tonggak Sejarah Baru untuk Volkswagen.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Ketika Volkswagen (VW) terkena masalah dieselgate yang fenomenal itu, pabrikan mobil asal Jerman ini langsung cepat move on dan berjanji akan lebih berkonsentrasi dalam mengembangkan mobil listrik. Tak heran beberapa tahun terakhir VW gencar memperkenalkan banyak mobil konsep listrik seri ID di berbagai pameran mobil internasional. Belum lagi VW juga menargetkan penjualan mobil listrik mereka mencapai 22 juta unit secara global dalam kurun waktu 10 tahun kedepan. Tentu itu termasuk target yang ambisius. Dan untuk mendukung target tersebut, sebagai langkah pertama mereka memperkenalkan versi produksi dari ID.3 kepada publik.

VW ID.3 2020 ini dikembangkan dengan basis mobil konsep ID yang pertama kali diperkenalkan pada ajang Paris Motor Show 2016 silam. ID.3 hadir dengan format hatchback. Uniknya, ID.3 ini memiliki dimensi yang mirip dengan Golf generasi terbaru. Tapi mobil listrik ini lebih panjang dibandingkan dengan hatchback legendaris tersebut. Dibandingkan dengan versi konsep, mobil ramah lingkungan ini memiliki garis body yang hampir mirip. Sepertinya desainer VW memilih untuk mempertahankan lekuk tubuh versi konsep ketika mengembangkan ID.3 versi produksi. Tapi untuk bagian lain pada sektor eksterior mengalami perubahan yang cukup signifikan.

Lampu depan digital yang ada pada versi konsep digantikan dengan lampu konvensional dan sudah menggunakan LED serta ada LED Daytime Running Lights. Emblem VW yang pada versi konsepnya dapat menyala, kini hadir dengan tampilan konvensional dan sudah menggunakan logo baru yang lebih simpel. Bumper depan juga didesain ulang. Menariknya, pihak VW tetap menghadirkan motif unik yang ada pada versi konsepnya meskipun jumlahnya lebih sedikit. Dan kehadiran saluran udara pada bagian ini membuat penampilan ID.3 lebih manusiawi. Pilar C ID.3 hadir dengan aksen warna abu-abu memberikan kesan unik pada mobil. Hal ini juga terinspirasi dari versi konsepnya.

Dan pada bagian belakangnya desainer VW mendesain ulang lampu belakang. Jika pada versi konsepnya hanya berupa lampu dengan garis tipis, maka pada versi produksi massalnya dibuat mengotak. Kaca jendela pada ID.3 2020 ini juga terlihat lebih kecil dibandingkan dengan versi konsepnya. Semoga saja tidak mengurangi visibiltas pengemudi dalam berkendara. Dan menariknya, aksen warna hitam pada bagian belakang juga hadir pada versi produksinya ini.

Pihak VW mengklaim bahwa kabin ID.3 ini akan menjadi standar baru pada segmen mobil kompak. Konsep interior mobil listrik ini adalah futuristik. Pada bagian kokpit tengah terdapat layar sentuh berukuran 10 inci yang akan menampilkan berbagai fitur hiburan. Di belakang roda kemudi yang dilabur warna putih terdapat panel instrumen dengan layar kecil dan tentu saja sudah digital. Semua tombol-tombol pengoperasian pada mobil ini cukup disentuh untuk mengoperasikannya. Dan hanya tombol lampu darurat dan tombol-tombol pada pintu yang masih dioperasikan secara konvensional. Menariknya, terdapat fitur voice command yang diaktifkan dengan mengucapkan 'Hello ID'.

Untuk kapasitas baterainya, VW menyediakan tiga pilihan, yaitu 45 kWh yang berjarak tempuh 330 km, 58 kWh dengan jarak tempuh 420 km, dan yang terakhir 77 kWh yang mampu membawa mobil sejauh 550 km. Untuk pilihan baterai pertama dilengkapi dengan motor listrik bertenaga 147 hp. Sementara untuk dua baterai lainnya dibekali dengan motor listrik berkekuatan 201 hp. Semua motor listrik tersebut diletakkan pada roda belakang dan memiliki torsi sebesar 310 Nm. Untuk baterai dengan kapasitas paling rendah dapat diisi ulang dengan soket berkekuatan 50kW (pihak pabrikan menyediakan pilihan 100 kW), lalu baterai dengan 58 kWh dapat di-charge dengan soket 100 kW, dan untuk varian teratas dicolok dengan soket berkekuatan 125 kW. Sayangnya, pihak VW belum mengumumkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi ulang baterai tersebut.

Photos: Carscoops


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Dhika
Dhika
Rider
Rider
Mr. OtoMen
Mr. Otome
Otowheel
Otowheel

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter