logo

bg-h4-whiteKolumnis


Sabtu, 08 Jun 2019 | 12:14

Volkswagen ID Roomzz Concept Bisa Menjadi Generasi Penerus Touareg. Siap DIproduksi pada 2021.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Volkswagen (VW) memperkenalkan mobil konsep terbarunya, ID Roomzz. Ini merupakan varian keenam seri ID yang diperkenalkan oleh VW. Dan setelah sebelumnya varian ID ada yang berwujud hatchback, sedan crossover dengan ground clearance tinggi, sampai mobil pantai, maka ID Roomzz ini hadir dengan wujud SUV. Bukan SUV dengan lima tempat duduk, tapi tujuh tempat duduk. Otomatis ini membuat ID Roomzz menjadi yang terbesar dalam keluarga ID.

Sama seperti mobil konsep pada umumnya, tampilan luar ID Roomzz sangat futuristik. Ciri khas VW Seri ID juga terlihat pada mobil ini, yaitu logo VW yang dapat menyala ketika pengemudi menyalakan lampu utama. Berbicara mengenai lampu utama yang sudah menggunakan LED, disekelilingnya adalah LED Daytime Running Lights dan lampu senja LED yang terlihat melintang dari sisi kanan sampai kiri. Jika semua lampu menyala (termasuk logo VW) membuat mobil konsep ini tampak ramai.

Agar mobil lebih aerodinamis, desainer VW menambahkan motif berlubang berupa lingkaran-lingkaran kecil pada bumper depan. Mengikuti tren masa kini, ID Roomzz hadir dengan lampu belakang yang menyatu. Tapi agar terlihat lebih mernarik, ditambahkan aksen berupa diamond. Mobil yang dikembangkan di atas platform MEB ini memiliki jarak sumbu roda 2.965 mm.

Walaupun mobil ini berjenis SUV, tapi ID Roomzz memiliki model bukaan pintu yang sangat unik dan tidak umum untuk sebuah SUV. Keempat pintu mobil ini memiliki model pintu geser layaknya sebuah MPV. Tentu ini akan memudahkan akses keluar dan masuk penumpang dan pengemudi. Dengan modal tujuh tempat duduk, pihak VW mengatakan bahwa mobil ini memiliki konfigurasi yang beragam sehingga meningkatkan nilai fleksibilitas. Dan interior mobil bisa disulap menjadi layaknya lounge ketika pengemudi mengaktifkan sistem otonom yang sudah mencapai level 4. Dan jika sistem otonom aktif, maka setir akan terlipat secara rapih. 

Untuk tenaga penggeraknya, insinyut VW membenamkan dua unit motor listrik. Total tenaga yang dikeluarkan adalah 302 hp dan untuk peformanya adalah mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dari keadaan diam dalam waktu 6,6 detik. Dan untuk kecepatan maksimalnya adalah 180 km/jam. Baterai yang digunakan memiliki kapasitas 82 kWh. Jika baterai dalam keadaan penuh maka ID Roomzz bisa dibawa sejauh 450 km. Ini membuatnya sebagai mobil dengan daya jelajah terjauh dalam keluarga ID. Untuk pengisian ulangnya, baterai mobil bisa mencapai 80% dalam waktu 30 menit asalkan pemilik mobil menggunakan colokan terminal fast charging dengan kekuatan 150 kW. 

Pihak VW sudah mengkonfirmasikan bahwa ID Roomzz akan masuk jalur produksi pada tahun 2021 mendatang. Apakah ini akan menjadi generasi penerus Touareg (karena memiliki dimensi yang mirip) atau menjadi versi elektrik dari Touareg? 

Photos: Carscoops


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
Elang
Elang
OtoXplore
Otoxplore
Rilis
Rilis
Dhika
Dhika
Rider
Rider
Mr. OtoMen
Mr. Otome
Otowheel
Otowheel

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter