logo

bg-h4-whiteKolumnis


Sabtu, 10 Mar 2018 | 20:34

Toyota Aygo 2019 Tampil Lebih Atraktif

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Jika di Indonesia kita mendapatkan Toyota Agya dan kembarannya Daihatsu Ayla untuk merangsek segmen city car sekaligus memenuhi regulasi Low Cost Green Car (LCGC) dari pemerintah, maka di Eropa produsen mobil Jepang tersebut mempunyai lineup bernama Aygo. Secara dimensi kedua mobil tersebut tidak terlalu berbeda jauh karena mengisi segmen yang sama, tapi dari segi tampilan bagaikan langit dan bumi. Jika Agya hadir dengan desain yang konservatif, maka saudara jauhnya yang tinggal di Eropa memiliki wajah yang lebih membulat dan futuristik.

Seperti Agya, Aygo juga memiliki kembaran dari grup PSA (Citroen C1 dan Peugeot 108). Generasi kedua Aygo ini sudah diluncurkan sejak tahun 2014 silam dan sekarang saat yang tepat untuk melakukan penyegaran. Perubahan yang terjadi meliputi eksterior, interior, sampai mesin.

Desain eksterior Aygo facelift ini tampak lebih dinamis dibandingkan dengan generasi sekarang yang masih dijual. Bagian depannya desainer Toyota memberikan guratan garis yang menyerupai huruf X yang lebih tegas. Kini lampu utamanya sudah dilengkapi dengan LED Daytime Running Lights. Selain itu lampu utamanya juga turut didesain ulang sehingga dimensi sedikit lebih besar. Untuk bagian belakangnya, Toyota hanya mempercantik lampu belakang saja agar terlihat lebih fresh.

Bagian kabinnya mobil kota ini memiliki panel instrumen dengan tampilan yang baru. Agar terlihat lebih mewah, Toyota menghadirkan warna material premium, seperti Quartz Grey dan Piano Black.

Terdapat tiga trim yang akan ditawarkan oleh Toyota untuk Aygo facelift ini. Tipe x-Play hadir dengan fitur AC dan sistem infotainment yang ditampilkan melalui layar berukuran 7 inci. Varian yang lebih tinggi bernama x-Clusiv memiliki fitur automatic climate control, jok kulit, cat dua warna untuk eskterior, pelek alloy berukuran 15 inci, sampai sistem keselamatan terbaru, Toyota Safety Sense.

Untuk tenaga penggeraknya, mobil mungil ini masih mengandalkan unit yang sama. Tapi insinyur Toyota melakukan perubahan pada kompresi yang lebih tinggi dan sistem injeksi langsung terbaru. Kapasitas mesinnya adalah 1.000 cc 3 silinder mampu memproduksi tenaga sebesar 72 hp dan torsi sebesar 93 Nm.

Jangan berharap banyak mengenai peforma untuk Aygo. Mobil ini mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dari keadaan diam dalam waktu 13,8 detik. Sementara itu kecepatan maksimumnya adalah 160 km/jam. Tapi untuk soal konsumsi bahan bakar mobil ini sangat bisa diandalkan. Angka yang didapat adalah 25,6 km/liter. Sangat irit bukan?

 


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


Rilis
Rilis
ARIPITSTOP
Aripitsto
Elang
Elang
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Mr. OtoMen
Mr. Otome
SW218
Sw218
Otowheel
Otowheel

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter