logo

bg-h4-whiteKolumnis

Senin, 12 Feb 2018 | 21:47

Toyota Avalon 2019 Buktikan Segmen Sedan Masih Menarik

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Meskipun sekarang segmen Crossover dan SUV sedang digandrungi oleh warga dunia, tapi mobil sedan tetap mampu bertahan. Ini dibuktikan dengan masih adanya produsen mobil yang meluncurkan line up sedan terbaru mereka. Dan Toyota adalah salah satunya. Pabrikan asal Jepang tersebut baru saja memperkenalkan generasi terbaru Avalon di Amerika Serikat (AS).

Bagi Anda yang masih asing dengan Avalon, saya akan memperkenalkannya pada paragraph ini. Jadi Toyota Avalon adalah sebuah full-size sedan yang diposisikan diatas Camry. Sedan ini ditugaskan untuk melawan sedan besar lainnya yang cukup digemari di Negeri Paman Sam, seperti Chevrolet Impala, Chrysler 300, Dodge Charger, Hyundai Azera, sampai Kia Cadenza. Dan Avalon baru ini sudah memasuki generasi kelima.

Sedan empat pintu ini dibangun berbasiskan pada platform Toyota New Global Architecture (TNGA). Hasilnya jika dibandingkan dengan generasi pendahulunya Avalon terbaru ini lebih panjang, lebih lebar, dan lebih rendah. Untuk detil dimensinya adalah 4.978 mm untuk panjang, 1.849 mm lebar, dan tinggi 1.435 mm. Dan untuk jarak sumbu rodanya adalah 2.870 mm.

Desain eksterior sedan bongsor ini terlihat lebih sporty dan agresif dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Jika pada generasi keempat Avalon hadir dengan gril yang cukup besar sehingga menyerupai seseorang yang sedang tersenyum, maka pada generasi terbaru ini desainer Toyota menghadirkan gril dengan ukuran yang lebih besar lagi. Dengan gril berwarna hitam, maka mobil ini sekarang terlihat seperti seseorang yang sedang membuka mulutnya.

Lampu utamanya hadir dengan bentuk persegi panjang. LED Daytime Running Lights yang membentuk garis-garis tajam secara sekilas terlihat mirip dengan Audi. Sementara lampu belakangnya nyaris berbentuk seperti garis horizontal yang tipis. Desainer Toyota melebarkan garis lampu rem pada bagian ujungnya. Lampu sein dan lampu mundur yang diletakkan di bawah lampu rem hamper tidak terlihat eksistensinya. Kesan sporty mobil ini makin kuat berkat penggunaan empat buah knalpot.

Lapisan kulit terlihat di beberapa bagian kabin Avalon agar memberikan kesan mewah. Menariknya konsumen bisa memilih warna sesuai dengan keinginannya. Fitur yang ditawarkan oleh Toyota adalah sistem infotainment khas pabrikan Jepang tersebut, Entune, yang kini sudah memasuki versi 3.0. Melalui sistem tersebut Anda bisa mengakses Wi Fi, sound system, berbagai layanan yang tersedia, dan lain sebagainya. Pilihan opsional yang disediakan antara lain speaker JBL dengan 7.1 channel system berkekuatan 1.200 watt, Qi wireless charging untuk ponsel pintar Anda, Toyota Remote Connect yang bisa terhubung dengan Smartwatch, konektivitas dengan Amazon Alexa dan Apple CarPlay, serta tersedianya 5 unit port USB.

Di belakang setir terdapat panel instrumen dengan layar berukuran 7 inci. Dengan panel instrumen tersebut pengemudi bisa melihat status kendaraan, setting sistem keselamatan, peta perjalanan, dan fungsi lainnya. Selain itu juga terdapat Head-Up Display berukuran 10 inci.

Untuk sektor teknikal, insinyur Toyota membenamkan suspense variabel aktif yang dilengkapi dengan peredam adaptif, peredam kejut pada setiap roda dengan katup control solenoid, sensor G pada bagian depan dan belakang, dan suspense multilink pada bagian belakang. Sistem keselamatan yang digunakan sangat lengkap yang tergabung dalam Toyota Safety Sense P yang terdiri dari Pre-Collision System dengan Pedestrian Detection, Full-Speed Range Dynamic Radar Cruise Control, Lane Departure Alert dengan Steering Assist, dan Automatic High Beams. Sementara sistem yang akan membantu pengemudi selama perjalanan adalah Blind Spot Monitor dengan Rear Cross Traffic Alert, Back Guide Monitor, Panoramic View Monitor dengan Alert, dan Intelligence Clearance Sonar dengan sistem Rear Cross Traffic Braking.

Dapur pacu yang ditawarkan ada dua pilihan. Pilihan pertama adalah V6 berkapasitas 3.500 cc yang dipasangkan dengan transmisi otomatis 8-percepatan, dan pilihan terakhir adalah hybrid berkapasitas 2.500 cc 4 silinder dengan motor listrik berkekuatan 650 Volt dan memiliki transmisi CVT. Ketika berkendara, pemudi bisa memilih mode pengendaraan yang disediakan, yaitu Eco, Normal, dan Sport. Pihak Toyota menambahkan mode Sport+ untuk varian Touring.

Toyota Avalon 2019 akan mulai dijual di AS pada musim semi tahun ini.

Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
Elang
Elang
Dhika
Dhika
Mr. OtoMen
Mr. Otome
SW218
Sw218
Rilis
Rilis
Jusripulubuhu
Jusripulu
Cah Bagus
Cah Bagus

Video

Top Artikel Kolumnis

img1
Senin, 19 Feb 2018 - 21:49 wib
Vlog: Cara Setting Dashboard Yamaha Vixion R
img1
Rabu, 14 Feb 2018 - 10:47 wib
Intip Bentuk HOnda Scoopy Versi 2018
img1
Minggu, 18 Feb 2018 - 22:42 wib
Kia Ceed 2019 Hadir dengan Fitur Otonom Level 2
logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter