logo

bg-h4-whiteKolumnis


Jumat, 25 Sep 2020 | 11:14

Toyota Berharap Banyak pada Urban Cruiser 2021 di India.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Jika pada artikel sebelumnya saya membahas mengenai Suzuki yang melakukan re-badge produk Toyota, kini yang terjadi adalah sebaliknya. Ya, dengan adanya kerja sama antara Suzuki dan Toyota membuat kedua produsen mobil Jepang terkemuka tersebut melakukan ‘tukar’ alias re-badge untuk beberapa lineup. Sebelumnya ada Suzuki Across dan Swace yang merupakan kembaran Toyota RAV4 dan Corolla Touring Sport. Kini Toyota meluncurkan Urban Cruiser di India yang merupakan kembaran dari Suzuki Vitara Brezza. Ini bukanlah pertama kali Toyota melakukan re-badge lineup Suzuki karena sebelumnya ada Glanza yang merupakan kembaran Suzuki Baleno.

Urban Cruiser bukanlah nama baru dikeluarga Toyota. Sebelumnya nama ini dignakan untuk sebuah hatchback kompak untuk pasar Eropa dan Amerika Latin yang merupakan kembaran dari Toyota Ist/Scion xD dari tahun 2007 sampai 2016. Kini Urban Cruiser menjelma menjadi sebuah small SUV di India. Dengan diluncurkannya Urban Cruiser ini pihak Toyota berharap akan menjadi semakin dikenal di India. 

Lalu apakah ada perbedaan antara Urban Cruiser dengan Vitara Brezza yang juga dipasarkan di India?  Perubahan yang paling mencolok ada pada bagian depan. Jika pada Vitara gril radiator memiliki aksen krom, maka pada Urban Cruiser bagian tersebut hadir dengan tampilan yang lebih sederhana karena hanya dilabur warna hitam. Satu-satunya aksen krom hanya berasal dari logo khas Toyota saja. Bumper depan juga mengalami ubahan total dimana bentuk trapesium pada Urban Cruiser tampak lebih besar.

Untuk bagian dalamnya, tidak ada perbedaan desain antara Urban Cruiser dan Vitara Breazza. Tapi pihak Toyota membedakan dengan bahan material yang membungkusnya. Jok pada mobil ini dibalut dengan kain berwarna coklat (pada Brezza berwarna hitam). 

Mesin yang digendong oleh SUV kecil ini adalah bensin berkapasitas 1.500 cc bertenaga 105 hp. Transmisi yang digunakan adalah manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan. Jika konsumen memilih gearbox otomatis, maka mesin bensinnya akan ‘ditemani’ oleh sistem Mild-Hybrid. 

Photos: Autocar India & Autocar India


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Otowheel
Otowheel
ZonaVanza
Zonavanza
Rider
Rider

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter