logo

bg-h4-whiteKolumnis


Kamis, 21 May 2020 | 23:16

Toyota Sienna 2021 Hadir dengan Wajah Agresif.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Memang saat ini rakyat Amerika Serikat (AS) dan dunia sedang senang dengan mobil berjenis crossover dan SUV. Tentu ini membuat segmen mobil lainnya mengalami penurunan penjualan dan terancam ‘punah’. Termasuk MPV. Tapi beberapa pabrikan mobil masih yakin dengan mobil berjenis MPV. Ini dikarenakan muatan penumpang yang kebih banyak dari crossover dan SUV dan interior yang lebih praktis. Tak mengherankan Toyota memperkenalkan generasi terbaru Sienna untuk pasar AS baru-baru ini.

Toyota Sienna yang memasuki generasi keempat ini dikembangkan di atas platform TNGA-K baru yang juga digunakan untuk lineup Toyota lainnya, seperti Avalon, Camry, Highlander, RAV4, sampai yang terbaru Harrier (di AS bernama Venza). Hasilnya desain eksterior Sienna baru ini terlihat lebih agresif dan sporty dibandingkan generasi sebelumnya yang terlihat lebih elegan dan mewah. Sepertinya ini menjadi ciri khas produk terbaru Toyota.

Pada bagian depannya terdapat lampu utama yang lebih sipit dan sudah memiliki LED Daytime Running Lights. Seperti mobil Toyota baru lainnya, Sienna 2021 memiliki gril berukuran besar. Dan gril tersebut memiliki dua motif yang berbeda berdasarkan tipe, yakni garis-garis horizontal dan sarang tawon. Untuk menambah kesan mewah dibubuhkan aksen krom di sebelah lampu depan. Dari bagian samping terlihat tim desainer Toyota membuat MPV besar ini lebih aerodinamis. Ini terlihat dari pilar D yang lebih landau dibandingkan generasi terdahulu. Menariknya, lampu belakang mobil ini malah mengingatkan saya pada Supra generasi terbaru. Ini dikarenakan lampu belakang yang melengkung dan saluran udara yang ditempatkan persis di sebelah lampu belakang.

Pada Sienna LE semua jok dilapisi oleh fabric dan posisi duduk bisa disesuaikan sampai dengan 8 tipe. Untuk Sienna XLE mendapatkan jok dengan dua warna berlapiskan kulit imitasi Softex dengan 8 tipe penyesuaian untuk kursi pengemudi dan 4 tipe untuk jok penumpang. Hal yang sama juga bisa ditemukan pada Sienna XSE tapi jok nya bergaya ala mobil sport. 

Fitur standar yang dibenamkan cukup beragam. Salah satunya adalah Amazon Alexa, Android Auto, dan Apple CarPlay yang ditampilkan melalui layar sentuh berukuran 9 inci yang diletakkan di kokpit tengah. Panel instrumennya sudah digital dan dilengkapi dengan The Hybrid System Indicator yang memperlihatkan status baterai mobil saat berkendara dan proses pengisian ulang baterai menggunakan sistem regeneratif. 

Tergantung varian yang dibeli, Sienna paling murah dibekali dengan 6 unit speaker. Varian yang lebih tinggi mendapatkan 8 unit speaker dengan sistem Toyota Audio Plus dan konektivitas WiFi. Ada juga varian yang mendapatkan 12 unit speaker dengan Toyota Premium Audio System dan sistem navigasi interaktif. Sienna paling mahal mendapatkan tambahan fitur head up display berukuran 10 inci dan kamera 360 derajat. 


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Rider
Rider
ZonaVanza
Zonavanza
Mr. OtoMen
Mr. Otome

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter