logo

bg-h4-whiteKolumnis


Sabtu, 09 Nov 2019 | 20:25

Toyota Raize 2020. SUV Kecil Kembaran Daihatsu Rocky.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Akhirnya setelah foto-foto resminya tersebar di dunia maya secara tidak resmi, Toyota merilis secara resmi SUV kecil andalannya, Raize. Sesuai dengan informasi yang sudah tersebar sebelumnya, Toyota Raize ini berbagi platform dengan generasi terbaru Daihatsu Rocky. Ini artinya small SUV tersebut juga dibangun di atas platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture). Dan tidak usah heran jika Raize dan Rocky memiliki tampilan yang mirip. Meskipun tidak seperti Daihatsu Xenia - Toyota Avanza dan Daihatsu Terios - Toyota Rush yang hanya berbeda logonya saja.

Dari segi tampilan luar, Toyota Raize memiliki wajah yang cukup ganteng. Bagian depannya terdiri dari lampu utama yang sudah LED dan dilengkapi dengan LED Daytime Running Lights pada bagian atas dan menyatu dengan lampu sein. Gril yang berbentuk trapesium membuat SUV ini tampak sporty. Menariknya, pada bumper depan juga terdapat lampu LED Daytime Running Lights yang berdimensi kecil dan diletakkan secara horizontal. Dan tepat di bawahnya terdapat lampu kabut konvensional. Untuk menambah kesan gagah, desainer Toyota menambahkan body plastic cladding berwarna hitam di sekujur badan mobil.

Jika konsumen membeli Raize dengan varian paling rendah, maka tidak akan mendapatkan pilihan warna atap yang berbeda dan juga tidak akan mendapatkan lampu kabut dan LED Daytime Running Lights pada bumper depan. Sedangkan untuk bagian belakangnya juga tak kalah ganteng. Meskipun tidak mengikuti tren yang saat ini sedang berkembang dengan menghadirkan lampu belakang menyatu, taillights Raize tetap terlihat bagus. Berbentuk mengotak, lampu sein dan lampu mundur dikelilingi oleh lampu rem LED. Untuk menambah kesan gagah, diberikanlah aksen plastic cladding berwarna hitam pada bumper belakang. Untuk dimensinya, Raize memiliki panjang 3.995 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.620 mm. 

Masuk ke bagian dalam small SUV ini, warna hitam sangat mendominasi. Raize dengan varian terendah akan mendapatkan panel instrumen analog dan tidak akan mendapatkan layar sentuh berukuran 9 inci pada bagian kokpit tengah (anehnya, dudukan untuk layar tetap ada). Selain itu juga tidak akan mendapatkan kombinasi warna kontras pada jok dan cetakan jahitan pada roda kemudi. Pada Raize tipe termahal, konsumen akan mendapatkan layar sentuh 9 inci (sudah mendukung Apple CarPlay dan SmartDeviceLink), aksen warna kontras pada jok, panel instrumen digital, setir berbalut kulit dengan cetakan jahitan, tombol pengoperasian pada setir, dan masih banyak lagi. 

Pihak Toyota mengatakan bahwa platform yang digunakan oleh Raize ini membuat body mobil lebih ringan dan kaku. Tidak hanya itu saja, suspensi mobil ini juga menjadi lebih kaku menghasilkan pengendalian mobil yang stabil dan pengendaraan yang nyaman. Untuk penggeraknya, Raize hadir dengan penggerak roda depan sebagai pilihan standar. Tapi konsumen bisa memilih penggerak 4WD sebagai opsional. Sistem 4WD yang digunakan adalah Dynamic Torque Control 4WD. Sistem ini secara otomatis akan mendistribusikan torsi ke roda belakang ketika melewati permukaan jalan yan licin. 

Mobil ini juga dilengkapi dengan berbagai sistem keamanan dan pembantu pengemudi yang canggih, yaitu Smart Assist. Sistem tersebut terdiri dari berbagai fitur, seperti Crash Aviodance Braking Function, Erroneous Start Prevention Function dengan Braking Control (maju dan mundur), Adaptive Cruise Control dengan All Speed Tracking, dan Smart Panorama Parking Assist. 


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Dhika
Dhika
Rider
Rider
Mr. OtoMen
Mr. Otome
Otowheel
Otowheel

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter