logo

bg-h4-whiteKolumnis


Minggu, 03 Nov 2019 | 20:16

Toyota LQ Concept Bisa Berinteraksi dengan Pengemudi Menggunakan Teknologi AI.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Selama ini mobil-mobil produksi massal saja yang mendapatkan pembaruan, mulai dari facelift sampai dengan berganti generasi. Kini mobil konsep juga bisa mendapatkan facelift. Itulah yang dilakukan oleh pabrikan mobil asal Jepang, Toyota. Mereka baru saja melakukan update pada mobil konsep Concept-i yang melakukan debut dunianya pada ajang Consumer Electronic Show (CES) 2017 silam. Pihak Toyota melakukan penambahan pada teknologi futuristik dan juga kini mendapatkan nama baru, yakni LQ.

Dari segi penampilan, antara Concept-i dengan LQ tidak ada bedanya. Pihak Toyota tidak melakukan ubahan pada sektor desain eksterior. Ini artinya jangan berharap akan melihat mobil ini di jalanan pada waktu dekat karena tampilannya masih futuristis khas mobil konsep. Produsen mobil terbesar asal Jepang ini mengaplikasikan teknologi Digital Micromirror Device yang akan memproyeksikan jalan yang akan dilalui oleh mobil kepada orang-orang yang ada di dalam mobil dan orang-orang  atau kendaraan di sekitarnya. Untuk dimensinya, mobil konsep ini memiliki panjang 4.530 mm, lebar 1.840 mm, tinggi 1.480 mm, dan jarak sumbu roda 2.700 mm.

Salah stau fitur menarik yang dibenamkan adalah AI (Artificial Intelligent) bernama Yui yang bertanggung jawab dalam mengendalikan sebagian besar fitur pada mobil dan membuat suasana yang baik untuk pengemudi dan penumpang. Bahkan pengemudi bisa berinteraksi dengan Yui melalui voice command. Yui juga bisa berinteraksi dengan penumpang melalui atap langit-langit dan karpet mobil yang berubah warna. Selain itu , LQ juga dilengkapi dengan sistem otonom level 4 dan mobil ini memiliki sistem pemberitahuan apakah sistem otonom sedang aktif atau tidak melalui lampu mobil yang menyala dengan warna berbeda. Sistem tersebut juga menjadi satu paket dengan fitur Automated Valet Parking dikembangkan bersama Panasonic. Fitur tersebut akan memungkinkan mobil mencari parkir sendiri tanpa bantuan pengemudi.

Fitur lain yang dibuat bersama dengan Panasonic adalah Augmented Reality Head Up Display yang akan membantu pengemudi tetap berkosentrasi dalam mengemudi. Caranya adalah dengan membenamkan sistem peringatan dan relaksasi pada jok pengemudi. Panel instrumen pada mobil konsep ini menggunakan teknologi pencahayaan OLED dan Toyota merupakan pabrikan mobil Jepang pertama yang menggunakannya. Menariknya, LQ juga dilengkapi dengan sistem pemurnian udara yang dikembangkan bersama dengan Aisin. Sistem ini akan menguraikan ozon menjadi oksigen pada kipas radiator. Ketika dalam perjalanan, sistem tersebut dapat menguraikan 60% ozon yang terkandung dalam 1.000 liter udara dalam waktu 1 jam.

Toyota LQ Concept ini bertenaga listrik dan dapat menempuh perjalanan sejauh 300 km ketika baterai dalam keadaan penuh.

Photos: Carscoops


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Otowheel
Otowheel
ZonaVanza
Zonavanza
Rider
Rider

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter