logo

bg-h4-whiteKolumnis


Minggu, 03 Nov 2019 | 14:53

Toyota e-Palette Siap Dukung Acara Olimpiade Tokyo 2020. Dijejali Teknologi Canggih.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa tahun depan, Tokyo akan menjadi tuan rumah untuk acara olahraga dunia, yaitu Olimpiade dan Paralympic. Oleh karena itu pemerintah setempat sedang berbenah agar Tokyo siap menggelar acara 4 tahunan tersebut. Tidak hanya pemerintah saja, tapi juga produsen mobil seperti Toyota ternyata juga sedang mempersiapkan armadanya untuk mendukung event besar tersebut. Salah satu mobil yang akan beroperasi adalah e-Palette. 

Sebenarnya Toyota e-Palette sudah pernah diperkenalkan pada ajang Consumer Electronic Show (CES) 2018 silam sebagai kendaraan komersial yang siap mengantar barang pesanan secara otonom ke konsumen. Kini Toyota memodifikasinya agar bisa mengangkut orang, khususnya atlit Olimpiade. Produsen mobil asal Jepang ini melakukan observasi dalam mengubah e-Palette. Tujuannya agar bisa mengerti hal apa saja yang dibutuhkan oleh para atlit. Aapalagi nantinya mobil berbentuk minibus ini tak hanya mengangkut atlet Olimpiade dengan fisik sempurna, tapi juga akan mengangkut atlit Paralympic yang menyandang disabilitas. Tentu mereka membutuhkan kendaraan yang mumpuni agar mudah keluar-masuk mobil. Pihak Toyota berharap dengan hadirnya e-Palette ini para atlit bisa saling berinteraksi dengan baik.

Hasilnya, kini mobil bertampang futuristik ini hadir dengan pintu elektrik berukuran besar, electric ramp untuk memudahkan akses keluar dan masuk, kursi yang fleksibel, dan ruang kosong yang dapat memuat hingga 4 unit kursi roda. Dan kapasitas maksimum mobil ini adalah 20 orang. e-Palette sudah menggunakan teknologi otonom level 4 yang mengandalkan kamera, LiDAR, dan peta 3 dimensi dengan akurasi tinggi ketika beroperasi. Mobil ini di-setting agar berjalan dengan kecepatan maksimum 20 km/jam. Bagi yang belum percaya dengan sistem otonom, tidak perlu khawatir karena Toyota tetap menyiagakan seorang operator nantinya untuk e-Palette. 

Mobil ini bertenaga listrik dengan jarak tempuh hingga 150 km jika baterai dalam keadaan penuh. Menariknya, karena mobil sudah menggunakan tekmologi otonom, insinyur Toyota menggunakan lampu utama dan lampu belakang yang unik berfungsi untuk berkomunikasi dengan pengguna jalan dan pejalan kaki di sekitarnya.

Photos: Carscoops 


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Otowheel
Otowheel
ZonaVanza
Zonavanza
Rider
Rider

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter