logo

bg-h4-whiteKolumnis


Minggu, 24 Feb 2019 | 14:50

Toyota Tacoma 2020 Coba Pertahankan Gelar Pikap Terlaris di Amerika

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Setelah Ford merilis Ranger kembali di Amerika Serikat (AS) tahun lalu, kompetisi pada segmen pikap kelas menengah semakin sengit. Hal ini yang disadari oleh pabrikan mobil asal Jepang, Toyota. Pada segmen tersebut Toyota mengutus Tacoma untuk bertarung melawan Chevrolet Colorado, Ford Ranger, dan GMC Canyon. Tapi sejak diluncurkan pada tahun 2015 lalu, Tacoma belum sama sekali mendapatkan penyegaran atau facelift. Oleh karena itu pihak Toyota memperkenalkan facelift dari Tacoma tahun ini. Tujuannya tak lain adalah mempertahankan gelar sebagai pikap kelas menengah terlaris di AS yang sudah dipegang selama 14 tahun.

Perubahan yang dilakukan tidak banyak. Pada bagian moncong, desainer Toyota mendesain ulang lampu utama yang kini sudah dilengkapi dengan LED dan LED Daytime Running Lights. Pada varian TRD Pro lampu utamanya menggunakan LED sequensial. Perubahan lainnya adalah motif gril yang kini menggunakan sarang tawon, Sedangkan untuk bagian belakangnya tidak mengalami perubahan sama sekali.

Tacoma 2020 hadir dengan 6 varian, yaitu SR, SR5, TRD Sport, TRD Off-Road, TRD Pro, dan Limited. Semua varian mulai dari tipe SR5 mendapatkan jok baru yang dapat disesuaikan posisinya sesuai keinginan sampai dengan 10 cara, layar sentuh berukuran 8 inchi pada kokpit tengah, dan sistem audio. Terdapat juga opsional berupa lampu LED pada bagian kargo untuk semua varian. Sedangkan sistem multimedia yang tersedia, antara lain Android Auto, Apple CarPlay, Amazon Alexa, dan Sirius XM.

Semua varian Tacoma hadir dengan sistem keselamatan Toyota Safety Sense P (TSP-P) yang terdiri dari Pre-Collision System dengan Pedestrian Detection, Lane Departure Alert with Sway Warning System, Automatic High Beams dan High-Speed Dynamic Radar Cruise Control (DRCC).

Untuk mesinnya, Tacoma mempunyai dua pilihan. Pilihan pertama adalah 4 silinder berkapasitas 2.700 cc yang menghasilkan tenaga 159 hp. Pilihan kedua adalah V6 berkubikasi 3.500 cc mampu menyemburkan tenaga 278 hp. Kedua mesin tersebut dipasangkan dengan transmisi otomatis 6-percepatan. Tapi untuk tipe mesin V6 terdapat pilihan gearbox manual 6-percepatan.


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Otowheel
Otowheel
ZonaVanza
Zonavanza
Rider
Rider

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter