logo

bg-h4-whiteKolumnis


Jumat, 13 Oct 2017 | 14:50

Suzuki Swift Sport 2018 Lebih Kencang, Lebih Ringan, Lebih Aman

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Suzuki yang selama ini dikenal sebagai jagonya pembuat mobil kompak, ternyata juga mampu membuat hot hatchback yang tak hanya berukuran kecil, tapi juga kencang. Baru-baru ini produsen mobil asal Jepang tersebut memperkenalkan Swift Sport terbaru kepada publik.

Mobil yang sudah memasuki generasi ketiga ini diklaim lebih cepat, lebih ringan, dan lebih aman. Insinyur Suzuki meninggalkan mesin naturally-aspirated yang sebelumnya diandalkan pada generasi terdahulu. Sebagai gantinya kini Swift Sport terbaru menggunakan dapur pacu Boosterjet berkapasitas 1.400 cc dilengkapi dengan turbo. Tenaga yang dimuntahkan oleh hatchback compact ini adalah sebesar 138 hp dan torsi sebesar 230 Nm. Mesin baru tersebut dipasangkan dengan transmisi manual 6-percepatan. Untuk gearbox-nya, mobil baru ini masih mengandalkan tipe yang sama dengan generasi sebelumnya. Tapi pihak Suzuki telah melakukan modifikasi untuk meningkatkan kehalusan, pengalaman berkendara yang lebih mengasyikkan, dan meningkatakan rigiditas.

Untuk menyesuaikan dengan tema sport yang diusung, desainer Suzuki melakukan beberapa ubahan. Pada bagian depannya, motif gril diganti dengan sarang lebah khas mobil kencang. Bagian belakangnya, mobil yang menggunakan pelek 17 inci ini hadir dengan spoiler belakang pada atap, bumper belakang yang didesain ulang sehingga tampak sporty, dan knalpot kembar. Elemen carbon fiber khas mobil sport juga turut dipasang, seperti spoiler bagian depan, side skirt, sampai diffuser belakang.

Interiornya, pihak Suzuki memberikan aksen tambahan aksen berwarna merah pada beberapa bagian. Aksen krom juga terlihat pada tuas transmisi dan pedal. Sepasang jok semi-bucket dengan tulisan ‘Sport’ pada bagian headrest-nya untuk membedakan dengan Swift reguler. Detail kabin juga diperhatikan oleh desainer Suzuki dengan munculnya cetakan jahitan berwarna merah pada jok dan setir palang tiga. Pada kokpit tengah ada layar berukuran 7 inci yang berfungsi untuk menampilkan sistem hiburan, navigasi dengan fitur tiga dimensi, sampai Bluetooth.

Suspensi depan mobil ini menggunakan peredam buatan Monroe, berdampingan dengan anti-roll bar yang lebih tebal. Sementara itu hub roda dan bantalan roda sekarang digabungkan menjadi satu untuk kekakuan yang lebih baik. Dan untuk suspensi belakang didesain khusus untuk Swift Sport dengan 1,4 kali lebih kaku dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Dan untuk bobot, Swift Sport baru ini diklaim lebih ringan 80 kg dibanding Swift Sport lama, yakni 970 kg.

Sisi keselamatan juga diperhatikan oleh pihak Suzuki. Swift Sport 2018 ini telah dilengkapi dengan Advanced Forward Detection, Dual Sensor Brake Support, Lane Departure Warning, Adaptive Cruise Control dan masih banyak lagi.


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
Elang
Elang
Rilis
Rilis
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Mr. OtoMen
Mr. Otome
SW218
Sw218
Otowheel
Otowheel

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter