logo

bg-h4-whiteKolumnis


Minggu, 05 Jul 2020 | 15:00

Suzuki Across 2021 adalah Kembaran Toyota RAV4 untuk Pasar Eropa.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Suzuki dan Toyota melakukan kerja sama untuk memasarkan beberapa lineup masing-masing dengan sistem re-badged di beberapa wilayah dimana mobil tersebut tidak dijual. Dan Suzuki Across 2021 merupakan lineup pertama yang muncul. Ini merupakan re-badged dari Toyota RAV4 yang sudah dikenal oleh masyarakat Amerika. 

Meskipun ini adalah produk hasil kerja sama, tapi desainnya tidak sama persis, seperti Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza. Karena kenyataannya ada perbedaan yang cukup mencolok pada bagian depannya. Jika RAV4 memiliki ‘wajah’ yang agak aneh, maka Across ini memiliki bagian depan yang lebih baik. Lampu depannya berbentuk lonjong dan terlihat lebih kecil dibandingkan dengan RAV4. Lampu utamanya juga sudah full LED. 

Gril radiator pada Suzuki Across yang berbentuk segi enam terlihat jauh lebih besar dibanding milik Toyota RAV4. Bingkai untuk lampu kabut pada SUV buatan Suzuki tersebut juga berukuran lebih besar. Tapi lampu kabutnya terlihat lebih kecil dibandingkan RAV4. Jika dilihat dari depan, tentu tak ada yang mengira kalau ini adalah kembaran Toyota RAV4. Sayangnya, untuk bagian samping dan belakang hampir tidak ada yang membedakan antara Across dengan RAV4. Hal yang membedakan hanyalah logo perusahaan, nama mobil, dan desain pelek alloy yang berukuran 19 inci.

Bagian interior Across juga minim perbedaan dengan RAV4. Bagian yang diganti oleh pihak Suzuki adalah setir palang tiga dengan desain khas pabrikan Jepang tersebut, panel instrumen, dan tentu saja logo pabrikan. Pada bagian kokpit tengah tetap ada layar multimedia berukuran 9 inci yang memiliki fitur Android Auto, Apple CarPlay, dan MirrorLink. 

Sama seperti RAV4, Across juga hadir dengan mode pengendaraan Trail. Mode ini menawarkan grip dan pengendalian terbaik ketika pengemudi melewati jalanan yang licin. SUV kompak ini datang dengan sistem penggerak all-wheel-drive E-Four. Sistem ini bisa mendistribusikan torsi yang bervariasi dari roda depan ke roda belakang dari 100:0 ke 20:80. Hebatnyam sistem tersebut memiliki AWD Integrated Management yang mengendalikan pedal gas, perpindahan transmisi, dan roda kemudi. 

Suzuki Across 2021 ditenagai oleh mesin yang sama dengan RAV4, yakni bensin 4 silinder berkapasitas 2.500 cc bertenaga 173 hp. Dapur pacu konvensional tersebut ‘ditemani’ oleh dua unit motor listri, dan sebuah baterai berkekuatan 18,1 kWh yang diletakkan di bawah lantai mobil. Tenaga yang dikeluarkan oleh motor listrik bagian depan adalah 180 hp dan bagian belakang adalah 54 hp. Pihak Suzuki belum mengumumkan secara resmi berapa total tenaga yang dikeluarkan. Tapi kemungkinan total tenaga yang disemburkan adalah sekitar 302 hp mengingat itulah total tenaga yang disemburkan RAV4. 

Comapct SUV ini akan dijual khusus di Eropa.  


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
ZonaVanza
Zonavanza
Rider
Rider
Otowheel
Otowheel

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter