logo

bg-h4-whiteKolumnis


Selasa, 11 Sep 2018 | 21:23

Renault Arkana Concept. Calon SUV-Coupe dengan Harga Terjangkau

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Tren crossover berupa SUV yang mempunyai styling ala sebuah coupe memang sedang mewabah. Adalah BMW X6 sebagai pelopornya dan diikuti oleh Mercedes GLE-Class Coupe, serta yang terbaru Audi Q8. Tapi ketiga mobil tersebut adalah produksi merk-merk mewah yang berharga tentu saja mahal. Tentu dengan harga yang tinggi mobil-mobil tersebut tidak bisa dijangkau oleh orang-orang kelas menengah.

Tapi sepertinya masyarakat golongan menengah yang sangat menginginkan mobil bergaya SUV-coupe bisa bernapas lega karena sebentar lagi ada pilihan mobil dengan harga yang sesuai dengan budget mereka. Baru-baru ini produsen mobil asal Prancis, Renault memperkenalkan mobil konsep terbaru mereka, Arkana di pameran mobil Moscow Auto Show 2018. Pihak Renault mengatakan bahwa Arkana ini menggabungkan unsur sedan yang elegan dengan SUV yang kuat.

Walaupun berstatus sebagai mobil konsep, tapi secara tampilan Renault Arkana Concept ini sudah memiliki desain luar yang siap masuk jalur pabrik untuk diproduksi secara massal. Pada bagian depan kita akan melihat Bahasa desain terbaru khas Renault pada Arkana ini. Lampu LED Daytime Running Lights yang membentuk huruf ‘C’ diberikan efek ‘air mata’ seperti yang kita temui pada line up terbaru Cadillac. Empat unit lampu utama LED kemungkinan akan mendapatkan desain baru jika jadi masuk jalur produksi nantinya.

Elemen Bahasa desain Renault lainnya adalah gril trapesium terbalik dan logo khas Renault berupa berlian berukuran besar. Desainer Renault mencoba menonjolkan kesan gagah dengan menggunakan plastic-cladding hitam di sekujur body Arkana, penggunaan ban berukuran 19 inci, dan tentu saja ground clearance yang tinggi. Sementara aksen krom sepanjang jendela samping mobil dan garis pilar C yang landau menyerupai coupe membuat mobil empat pintu ini tampak elegan. Jika dilihat dari samping, Renault Arkana ini lebih tampak seperti sedan yang ditinggikan daripada sebuah SUV-coupe. Bagian belakangnya juga terdapat ciri khas Renault terbaru, yakni berupa sepasang lampu belakang LED yang ditemani oleh strip LED. Secara keseluruhan, desain eksterior Arkana Concept tidak terlihat aneh atau jelek sama sekali.

Sayangnya sampai saat ini belum ada foto resmi interior yang dirilis oleh pihak Renault. Tapi yang jelas Renault Arkana Concept ini akan masuk jalur produksi pada tahun 2019 mendatang dimana Rusia adalah negara pertama di dunia yang akan mencicipinya. Setelah itu mobil ini akan diluncurkan di beberapa negara dan benua Asia termasuk yang akan mendapatkannya. Tapi Renault Arkana ini sepertinya tak akan menyentuh aspal jalanan negara Eropa lainnya, kecuali Rusia. Semoga saja hal ini akan berubah mengingat benua biru tersebut juga merupakan pasar yang penting untuk Renault.


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


Rilis
Rilis
ARIPITSTOP
Aripitsto
Elang
Elang
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Mr. OtoMen
Mr. Otome
SW218
Sw218
Otowheel
Otowheel

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter