logo

bg-h4-whiteKolumnis


Minggu, 08 Oct 2017 | 21:43

Renault Symbioz Concept Membawa Kita ke Mimpi Tahun 2030

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Di masa depan banyak produsen mobil yang meramalkan bahwa kendaraan-kendaraan yang ada di jalan dapat berkomunikasi satu sama lain. Sungguh canggih bukan. Lalu bagaimana dengan mobil yang juga bisa terhubung dengan rumah? Inilah yang coba diwujudkan oleh produsen mobil asal Prancis, Renault melalui mobil konsep terbarunya, Symbioz.

Nama Symbioz diambil dari bahasa Yunani kuno, 'sumbi?sis' yang berarti ‘hidup bersama’. Sementara mobil konsep terbaru Renault mampu berinteraksi dengan lingkungan sekitar, jaringan infrastruktur jalan raya, dan gaya hidup digital sang pemilik mobil secara harmonis. Dan penggunaan huruf ‘Z’ pada akhiran merujuk pada Z.E., teknologi emisi nol yang biasa diterapkan pada mobil ramah lingkungan Renault.

Menurut Renault, sekitar tahun 2030 semua kendaraan tidak hanya mampu saling berkomunikasi saja, tapi juga bisa terhubung dengan rumah dan infrastruktur jalan. Menurut Thierry Bollore selaku VP Renault bahwa pihaknya menggambarkan penggunaan energi yang lebih efisien, konektivitas dan pengendaraan otonom akan memperbaiki hidup kita dan mengubah kebiasaan kita berkendara pada tahun 2030.

Menariknya, Symbioz juga bisa menjadi ruangan tambahan jika rumah Anda kekurangan space ketika akan mengadakan acara. “Sekarang bukan saatnya lagi berpikir bahwa dalam mendesain sebuah mobil harus terlepas dari ekosistem sekitarnya. Renault Symbioz merupakan proyek yang sangat unik yang memungkinkan kita bekerja sama dengan perencana, desainer, insinyur, dan arsitek. Tujuan kami adalah untuk mengeksplorasi batasan baru dalam pengalaman pelanggan, teknologi, penggunaan energi, dan harmoni desain untuk membentuk pengalaman global yang sama sekali baru,” ujar Laurens van den Acker, petinggi Renault untuk desain korporat.

Untuk desain eksteriornya, desainer Renault terinspirasi dari bahasa desain perusahaan yang baru. Ini terlihat pada lampu utama dan lampu depan yang membentuk huruf ‘C’ dan efek air mata yang tampaknya kini menjadi tren di dunia permobilan. Bagian depan Symbioz terlihat ‘meriah’ dengan hadirnya lampu-lampu kecil yang mengelilingi logo berlian Renault.

Renault Symbioz Concept ini digerakkan oleh dua motor listrik yang diletakkan di roda belakang. Tenaga yang dihasilkan oleh kedua motor listrik tersebut mencapai 680 hp dan torsi sebesar 660 Nm. Jika baterai terisi penuh, mobil ini bisa menjelajah sejauh 500 km. Baterai berkekuatan 72 kWh bisa diisi ulang sampai dengan 80% hanya dalam 20 menit jika Anda menggunakan sistem pengisian induktif. 


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Otowheel
Otowheel
ZonaVanza
Zonavanza
Rider
Rider

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter