logo

bg-h4-whiteKolumnis


Minggu, 08 Oct 2017 | 14:55

Renault Megane RS 2018 Panaskan Segmen Hot Hatchback

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Dengan semakin sengitnya persaingan di kelas hot hatchback membuat Renault harus totalitas dalam mengembangkan generasi terbaru Megane RS ini. Hatchback kencang yang sudah memasuki generasi keempat ini muncul dengan mesin yang lebih kencang, fitur yang makin berlimpah, sampai desain eksterior yang lebih sporty.

Di bawa kap mesinnya bersemayam jantung mekanis yang dicomot dari Alpine A110 generasi terbaru. Ini berarti Megane RS menggendong dapur pacu berkapasitas 1.800 cc dilengkapi dengan turbocharged sehingga tenaga yang sanggup disemburkan adalah sebesar 276 hp dan torsi 390 Nm. Mesin tersebut dipasangkan dengan transmisi manual 6–percepatan atau otomatis kopling ganda dengan 6-percepatan. Untuk transmisi automatic-nya mengandalkan teknologi EDC (Efficient Dual Clutch) yang memungkinkan pengemudi  memindahkan gigi melalui paddle-shift khusus sehingga tak perlu melepaskan tangan dari setir.

Layaknya mobil sport, Megane RS terbaru ini juga dilengkapi dengan Launch Control. Lalu juga terdapat fitur Multi – Change Down yang memungkinkan pengemudi untuk menurunkan gigi secara berurutan dan cepat. Mobil yang ditawarkan dengan dua pilihan sasis (Sport dan Cup) ini hadir dengan 4Control, yakni sistem steering empat roda, kompresi hidrolik pada roda depan dan belakang layaknya mobil balap sehingga mobil cepat ini mendapatkan tambahan peredam tambahan pada suspensi depan dan limited-slip differential Torsen.

Jika Anda bertindak sebagai pengemudi hot hatch ini, Anda bisa memilih lima mode pengendaraan yang disediakan, yaitu Comfort, Normal, Sport, Race, dan Perso. Menariknya pihak Renault menyediakan sebuah jalan pintas jika Anda ingin mengaktifkan mode Sport atau Race melalui sebuah tombol bertuliskan ‘R.S. Drive’. Meskipun Megane ini adalah mobil sport, tapi pihak pabrikan tetap membenamkan fitur-fitur asisten yang siap membantu pengemudi dalam berkendara ala mobil-mobil masa kini. Fitur asisten tersebut hadir dalam satu paket yang dinamakan ADAS (Advanced Driver Assistance System). ADAS terdiri dari berbagai sistem canggih, seperti Lane Departure Warning, Safe Distance Warning, Traffic Sign Recognition with Over Speed Prevention, Blind Spot Warning, Easy Park Assist, sensor parkir pada bagian depan, samping, dan belakang, kamera belakang untuk membantu pengemudi ketika parkir atau memundurkan mobil, Cruise Control adaptif, dan Emergency Braking System.

Bagian dalamnya, Anda akan menemukan jok bergaya sport dengan headrest yang terintegrasi. Dashboard-nya dilabur dengan warna abu-abu arang dan dikombinasikan dengan jahitan berwarna merah. Anda bisa memesan pedal dan tuas transmisi yang diberi aksen aluminium khas mobil sport. Selain itu konsumen juga bisa memilih aksen carbon fiber atau Alcantara. Perbedaan yang paling mencolok dengan Megane biasa pada bagian interiornya adalah setir palang tiga yang hadir dengan logo ‘R.S.’ pada bagian bawahnya.

Pada bagian kokpit tengah terdapat layar LCD yang mempunyai dua konfigurasi, yaitu RS Monitor dan RS Monitor Expert. Keduanya tetap bisa menghadirkan fitur multimedia dan hiburan seperti biasanya, tapi terdapat perbedaan yang hanya ada pada Megane RS ini. Untuk konfigurasi pertama, pengemudi bisa melihat peformanya secara real time. Sementara itu RS Monitor Expert memungkinkan pengemudi terhubung dengan kamera untuk merekam perjalanannya, lalu diputar ulang, dianalisa, dan diunggah ke media sosial.


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Otowheel
Otowheel
ZonaVanza
Zonavanza
Rider
Rider

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter