logo

bg-h4-whiteKolumnis


Sabtu, 21 Mar 2020 | 14:55

Renault Megane 2021 Lebih Ramah Lingkungan dengan Varian Plug-in Hybrid.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Segmen hatchback dipenuhi oleh mobil baru tahun ini. Lihat saja SEAT memperkenalkan generasi terbaru Leon, lalu Volkswagen juga siap meluncurkan generasi terbaru Golf yang legendaris. Tentu Renault tak tinggal diam melihat kondisi seperti ini. Apalagi Megane sebagai model andalan mereka di segmen hatchback tahun ini berusia 4 tahun. Tentu agar dapat terus berkompetisi dengan para rivalnya, pabrikan asal Prancis ini harus melakukan pembaruan atau setidaknya sekedar facelift.

Baru-baru ini Renault memperkenalkan facelift dari Megane. Hatchback ini hadir dengan desain eksterior yang lebih elegan, interior dengan fitur yang semakin komplit, sampai pilihan mesin yang bertambah karena kini Megane mendapatkan pilihan plug-in hybrid. Facelift tidak hanya berlaku untuk Megane hatchback saja, tapi juga untuk versi station wagon, sedan, sampai varian kencang Megane RS Trophy.

Perubahan pada eksterior Megane memang tidak terlalu banyak. Anda harus melihatnya secara teliti untuk memastikannya. Pada bagian depan, Renault mengganti lampu utama yang kini sudah full LED dan menariknya hal tersebut merupakan kelengkapan standar untuk semua varian. Bumper depan juga turut mendapatkan sedikit perubahan dan kini lampu kabutnya berdimensi lebih kecil. Motif pada gril Megane 2021 ini juga mengalami perubahan. Jika pada Megane yang sekarang dijual memiliki motif garis horizontal berlapiskan krom, maka pada Megane facelift ini hadir dengan garis-garis horizontal yang ‘dipotong’ menjadi bagian yang lebih kecil dan tetap beraksen krom sehingga mobil ini tampak elegan. 

Pada bagian samping tidak ada yang berubah, kecuali motif pelek yang lebih segar dan hadir dengan 2 pilihan ukuran, yaitu 16 inci dan 18 inci. Dan untuk bagian belakangnya, desainer Renault hanya melakukan penyegaran pada lampunya yang sudah LED. Perubahan bagian eksterior ini juga terjadi pada Megane RS dan RS Trophy. Megane baru ini juga mendapatkan 3 pilihan warna baru, yaitu Highland Grey, Baltic Grey, dan Solar Copper.

Kabin mobil ini juga mendapatkan beberapa penyegaran. Di belakang roda kemudi terdapat panel instrument digital berukuran 10,2 inci. Ini merupakan kemajuan yang pesat karena Megane sebelumnya mengandalkan panel instrument konvensional. Pada kokpit tengah terdapat layar sentuh berukuran 9,3 inci yang sekarang diletakkan secara vertikal (mode portrait). Tombol-tombol pada konsol tengah juga kini terlihat lebih rapih. 

Mengikuti perkembangan saat ini, inisnyur Renault membenamkan sistem otonom level 2 ke dalam badan Megane 2021 ini. Ini berarti sistem ini bisa berakselarasi, mengerem, dan mengendalikan mobil dalam jangka waktu yang pendek tanpa adanya input dari pengemudi. Dan untuk varian tertinggi, RS Trophy mendapatkan pegas yang lebih tinggi, yakni 25 pada bagian depan dan 30 untuk bagian belakang. Dan untuk rollbar-nya kini lebih kaku 10%. 


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Rider
Rider
ZonaVanza
Zonavanza
Mr. OtoMen
Mr. Otome

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter