logo

bg-h4-whiteKolumnis


Kamis, 24 Sep 2020 | 14:12

Nissan Z Proto Concept Bawa Elemen Desain Fairlady Z. Pertahankan Transmisi Manual.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Kemunculan generasi terbaru 370Z pada video resmi Nissan yang berisi produk-produk yang akan datang menghebohkan para pecinta otomotif dunia. Tentu ini merupakan angin segar untuk pecinta mobil sport legendaris tersebut karena sebelumnya Nissan memilih bungkam ketika ditanya mengenai masa depan seri Z tersebut. Baru-baru ini produsen mobil Jepang ini secara resmi memperlihatkan generasi terbaru Z dengan nama Z Proto Concept. Ya, masih sebatas konsep tapi versi produksinya kemungkinan akan muncul dalam waktu dekat.

Seperti mobil-mobil sport legendaris lainnya yang masih ‘hidup’ sampai sekarang, Z Proto Concept ini hadir dengan desain eksterior retro-modern. Beberapa bagian di badan mobil ini terinspirasi dari generasi-generasi sebelumnya. Pada bagian moncong, lampu utama Z Proto yang berbentuk persegi dengan 4 unit LED Daytime Running Lights terinspirasi dari Nissan 240ZG yang popular pada tahun 1970-an. Sementara itu gril radiator yang berbentuk persegi panjang mengingatkan pada Nissan 370Z. 

Garis-garis tegas pada kap mesin juga dapat kita lihat pada Nissan/Datsun 280Z. Lalu pilar B yang melandai selain menunjukkan bahwa mobil ini adalah coupe sejati, juga terinspirasi dari Nissan/Datsun 240Z, 280Z, dan Nissan 300ZX keluaran tahun 1983. Logo berupa huruf ‘Z’ dipindahkan dari pilar A pada 350Z dan 370Z ke pilar B. Lampu belakang LED yang berbentuk kotak-kotak terinspirasi dari 300ZX generasi kedua yang dipasarkan pada tahun 1989. Kesan klasik juga diperlihatkan melalui hadirnya emblem bertuliskan ‘Fairlady Z’ pada bagian belakang. 

Untuk memperkuat kesan sporty pada mobil coupe ini, tim desainer Nissan menggunakan pelek alloy berukuran 19 inci dan menghadirkan sepasang knalpot sport. Beberapa bagian eksterior mobil juga ada yang terbuat dari carbon fiber, seperti front splitter, valance pada bagian belakang, dan side skirt. Dimensi mobil dua pintu ini adalah 4.382 mm untuk panjang, 1.849 mm lebar, dan 1.331 mm untuk tinggi.

Jika bagian eksterior hadir dengan nuansa retro, maka bagian kabinnya memiliki desain yang full modern. Di belakang roda kemudi palang tiganya terdapat panel instrumen digital berukuran 12,3 inci. Pada kokpit tengah terdapat layar sentuh yang akan menampilkan berbagai fitur multimedia dan hiburan. Pihak Nissan mengatakan bahwa mereka dalam mendesain kabin Z Proto ini berdasarkan masukan dari para pembalap legendaris. Tujuannya agar mobil berkelir kuning ini memiliki interior yang ideal untuk jalan daya dan sirkuit. 

Sayangnya, pihak Nissan tidak mengumumkan spesifikasi mesin secara detil. Mereka hanya mengumumkan bahwa mobil konsep ini menggendong mesin bensin V6 dengan turbo kembar dan dipasangkan dengan transmisi manual 6-percepatan. Tapi beberapa pihak memperkirakan bahwa jantung mekanis tersebut berasal dari Infiniti Q60 Red Sport 400 yang bertenaga 400 hp dan torsi 474 Nm.

Photos: Carscoops


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Otowheel
Otowheel
ZonaVanza
Zonavanza
Rider
Rider

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter