logo

bg-h4-whiteKolumnis


Senin, 20 Jul 2020 | 22:48

Nissan Magnite Concept. Cikal Bakal SUV Terkecil Nissan dengan Wajah Datsun.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Beberwapa waktu lalu Nissan sempat merilis teaser yang berisi beberapa lineup pabrikan Jepang tersebut yang akan diperkenalkan beberapa bulan lagi. Pada teaser tersebut terlihat generasi terbaru X-Trail, crossover listrik Ariya, generasi terbaru Frontier, sampai generasi penerus 350Z Fairlady, 400Z. Salah satu lineup yang diumbar bayangannya adalah sebuah SUV kecil yang baru-baru ini diumumkan secara resmi namanya dan wajahnya ke publik dunia.

Bernama Magnite, mobil ini masih berstatus konsep saat ini. Tapi pada awal tahun depan pihak Nissan menjanjikan akan memproduksinya secara massal setidaknya untuk pasar India. Nama Magnite sendiri diambil dari dua kata yang berbeda. Menurut Nissan, kata 'Magnite' adalah gabungan kata 'magnetic' dan 'ignite'. Kata 'magnite' sendiri menggambarkan tampilan dari SUV ini yang akan menarik perhatian orang yang melihatnya. Sementara untuk kata 'ignite' berarti era baru yang akan Nissan bawa untuk pasar India. 

Hal yang menarik dari mobil konsep ini adalah desain eksteriornya. Magnite Concept tidak memiliki bahasa desain Nissan seperti biasanya yang dapat kita melalui gril V-Motion. Justru yang terlihat adalah bahasa desain khas Datsun. Tak perlu heran memang pada awalnya proyek ini berjalan untuk Datsun. Tapi karena adanya proses restrukturisasi di Nissan mengakibatkan proyek mobil ini berpindah merk. Desain eksterior khas Datsun bisa dilihat dari gril radiator yang membentuk segi delapan. Lampu utama mobil yang masuk segmen mini SUV ini hadir dengan desain garis-garis yang menyudut. Pada bagian belakangnya tim desainer memberikan lampu LED yang posisinya mengapir lampu sein dan mundur. 

Sayangnya, pihak Nissan belum merilis secara resmi foto bagian dalam Magnite Concept. Tapi pabrikan asal Jepang ini mengumumkan bahwa SUV mungil ini memiliki kabin yang lega. Bahkan salah satu yang paling lega dibandingkan rival-rivalnya. Selain itu mobil ini juga dikonfirmasikan memiliki layar sentuh pada kokpit tengah berukuran 8 inci. Selain itu juga ada fitur konektivitas, kamera 360 derajat, dan cruise control. Pada versi produksinya kemungkinan akan ada tambahan fitur berupa Automatic Climate Control dan setir dengan tombol pengoperasian.

Untuk jantung mekanisnya juga belum ada rilis resmi dari pihak pabrikan. Tapi ada beberapa pihak yang mengatakan bahwa Magnite akan berbagi mesin dengan Renault Triber dengan kubikasi 1.000 cc 3 silinder tanpa turbo menghasilkan tenaga 72 hp. Dan pilihan kedua adalah mesin dengan kapasitas yang sama tapi ditambahkan turbo sehingga tenaga yang dihasilkan lebih besar, yakni 95 hp. 

Photos: Carscoops


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
ZonaVanza
Zonavanza
Rider
Rider
Otowheel
Otowheel

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter