logo

bg-h4-whiteKolumnis


Kamis, 18 Jun 2020 | 22:30

Nissan X-Trail 2021 Semakin Pintar dengan Fitur Canggih.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Akhirnya Nissan secara resmi memperlihatkan generasi terbaru X-Trail setelah sebelumnya merilis video teaser mengenai SUV kompak ini. Apalagi gambar-gambar resminya juga sempat bocor beberapa waktu lalu. Mobil yang di pasar Amerika Serikat (AS) bernama Rogue ini ternyata memiliki dimensi keseluruhan yang sedikit lebih kompak dibanding generasi pendahulunya. Tapi kini tampilan X-Trail jauh lebih futuristik ini berkat tim desainer Nissan menggunakan bahasa desain lampu depan yang terpisah layaknya Grand Livina dan Juke generasi terbaru.

Komposisi lampu bagian depan persis seperti Grand Livina dan Juke dimana LED Daytime Running Lights dan lampu sein diletakkan di bawah kap mesin. Sedangkan lampu utama berada di bawahnya dengan bentuk persegi panjang dan sudah menggunakan teknologi LED. Gril khas mobil Nissan saat ini yang bernama V-Motion juga turut meramaikan bagian moncong SUV ini. Hadirnya saluran udara di dekat lampu utama membuat tampilan X-Trail 2021 ini sedikit aneh. Sementara itu lampu belakangnya masih menempati tempat yang sama dengan X-Trail generasi ketiga. Tapi bentuknya lebih kecil.

https://cdn.motor1.com/images/mgl/A6RZV/s1/2021-nissan-rogue.jpg

Nissan kembali mengandalkan jok model bucket yang nyaman pada X-Trail 2021 ini. Pada varian tertinggi, Platinum, jok tersebut dilapisi oleh kulit semi-aniline. Pada bagian dashboard terdapat cetakan jahitan yang membuat SUV baru ini tampak premium. Dan dengan digunaknnya rem parkir elektronik, maka X-Trail baru menggunakan konsol tengah model 'jembatan' seperti mobil-mobil mewah saat ini. Tentu dengan menggunakan konsol tengah seperti itu berakibat pada bertambahnya ruang penyimpanan pada kabin. Kini compact SUV ini sudah menggunakan panel instrumen digital. Pada varian yang lebih rendah terdapat layar dengan 2 ukuran, yakni 5 inci dan 7 inci. Sedangkan pada varian tertinggi konsumen mendapatkan dengan ukuran 12,3 inci. Pada kokpit tengah terdapat layar sentuh berukuran 9 inci (diklaim sebagai yang terbesar pada segmen compact SUV) yang menampilkan berbagai fitur hiburan.

https://cdn.motor1.com/images/mgl/A6RZW/s1/2021-nissan-rogue.jpg

Lalu ada juga head-up display berukuran 10,8 inci. Fitur lainnya adalah colokan USB tipe A, USB tipe C, Android Auto, dan Apple CarPlay sebagai kelengkapan standar. Untuk Apple CarPlay nirkabel tersedia sebagai opsional. Sistem keselamatan yang menjadi highlight adalah ProPilot. Ini merupakan sistem otonom ala Nissan. Insinyur Nissan melakukan update pada sistem canggih tersebut sehingga kini radar memiliki jangkauan yang lebih luas dan kamera yang bisa 'melihat' dengan lebih lebar. Dan kini ProPilot mampu mendeteksi keberadaan pejalan kaki.

Untuk mesinnya, X-Trail mendapatkan jeroan yang sama dengan Nissan Altima generasi terbaru, yakni 4 silinder berkapasitas 2.500 cc bertenaga 181 hp. Dan untuk transmisi yang digunakan adalah CVT.

Photos: Motor 1


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Rider
Rider
ZonaVanza
Zonavanza
Otowheel
Otowheel

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter