logo

bg-h4-whiteKolumnis


Minggu, 20 Oct 2019 | 19:09

Nissan IMk Concept Merupakan Mobil Perkotaan Kecil yang Bertenaga Listrik

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Untuk pasar otomotif, Jepang terkenal dengan mobil-mobil kecil atau kei car yang laku keras di sana. Semua pabrikan mobil terkemuka asal Negara Matahari Terbit tersebut pasti mempunyai lineup kei car terlepas itu hasil pengembangan sendiri atau hasil kerja sama atau re-badge dengan produsen lain. Dan sepertinya mobil-mobil berukuran mungil tersebut masih akan populer di sana. Oleh karena itu beberapa pabrikan mobil mulai berkreasi mengenai bagaimana wujud kei car masa depan. Salah satunya adalah Nissan yang baru saja memperkenalkan mobil konsep terbarunya, IMk.

Nissan IMk berwujud kei car dan memiliki garis body yang lazim untuk sebuah mobil yang populer di Jepang tersebut. Desainer Nissan menggunakan bahasa desain terbaru yang bernama Timeless Japanese Futurism ketika mengembangkan IMk. Mobil ini dilabur dengan warna tembaha kemerahan yang pada bahasa Jepang disebut Akagane. Uniknya, tim desainer memberikan aksen warna silver pada beberapa bagian body mobil, seperti gril, pilar A, bumper depan, dan bumper belakang. Pada bagian depan terdapat lampu utama digital dan LED Daytime Running Lights yang juga digital. Gril konvensional sudah ditanggalkan karena ini adalah mobil listrik. Sebagai gantinya terdapat gril digital yang terdiri dari garis-garis horizontal berwarna silver tua. 

Aksen warna tembaga kemerahan berlanjut pada pelek yang dikombinasikan dengan warna hitam sehingga terlihat kontras. Mobil ini juga sudah tidak dilengkapi dengan kaca spion konvensional dan digantikan dengan kamera yang akan memperlihatkan sisi kanan dan kiri mobil kepada pengemudi. Lampu digital juga berlanjut pada bagian belakang yang berwarna merah. Tulisan 'NISSAN' pada bagian belakang juga ikut dibuat digital dan berwarna merah.

Bagian dalam IMk Concept terlihat sangat simpel dan lega. Ini berkat pihak pabrikan tidak lagi menggunakan tombol-tombol fisik dan menggantinya dengan layar sentuh. Bahkan pengemudi bisa melakukan kustomisasi mengenai informasi yang ditampilkan menjadi hologram. Sedangkan penggunaan atap panorama membuat kabin mobil kecil ini sangat lapang. Untuk menciptakan suasan yang nyaman selama perjalanan, produsen mobil asal Jepang ini menggunakan kain berwarna abu-abu pada bagian dashboard dan roda kemudi. Pada panel pintu bagian bawah terdapat aksen kayu, dan interior mobil ini diterangi oleh pencahayaan yang khas. Untuk menambah ketenangan pada saat perjalanan, Nissan melaburkan warna karpet IMk berwarna coklat tua. 

Sayangnya, pihak Nissan belum mengumumkan mengenai spesifikasi motor listrik yang menggerakkan IMk Concept ini dan seberapa jauh mobil ini mampu menjelajah. Tapi yang jelas, mobil mungil ini dilengkapi dengan fitur otonom khas Nissan, ProPILOT. Terdapat fitur tambahan yang bernama Invisible-to-Visible yang akan mengecek keadaan sekitar dan kendaraan yang berada di sekitar IMk ini. Canggihnya, sistem ini mampu memberi peringatan kepada pengemudi ketika terdeteksi adanya kendaraan yang berpotensi menabrak karena terhalang oleh bangunan atau kendaraan.

Photos: Carscoops


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Dhika
Dhika
Rider
Rider
Mr. OtoMen
Mr. Otome
Otowheel
Otowheel

Video

Top Artikel Kolumnis

img1
Kamis, 14 Nov 2019 - 09:08 wib
Berkendara Cerdas di Musim Hujan
img1
Minggu, 17 Nov 2019 - 21:10 wib
Audi Q3 Sportback 2020 Masuk ke Klub SUV Coupe.
logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter