logo

bg-h4-whiteKolumnis


Senin, 11 Feb 2019 | 14:50

Nissan Coba Selamatkan Sedan dari Kepunahan dengan IMs Concept.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Mungkin orang yang awam dengan dunia otomotif tidak peduli kalau sedan saat ini sedang dalam masa krisis. Terancam punah. Bahkan beberapa pabrikan mobil ternama seperti Ford memilih untuk menghentikan produksi line up sedan mereka. Beberapa pabrikan ada yang memilih bertahan dengan jenis mobil tersebut. Lalu apa yang harus dilakukan untuk menyelamatkan mobil dengan empat pintu ini? Memasukkan unsur SUV pada sedan adalah salah satu opsi. Inilah yang dilakukan Nissan terhadap mobil konsep terbarunya, IMs.

Langkah ini mungkin terinspirasi dari produsen mobil asal Swedia, Volvo, yang merilis S60 Cross Country pada tahun 2016 silam. Tentu ini salah satu langkah yang patut diapresiasikan. Pada bagian wajahnya kita disuguhkan desain ala mobil masa depan dengan lampu utama yang disusun bertingkat. Pada bagian atasnya lampu LED tersebut terlihat melintang dari kanan sampai kiri tanpa jeda. Sedangkan pada bagian bawahnya lampu utama dibentuk menyerupai trapesium. Tidak hadirnya gril radiator konvensional menandakan bahwa mobil ini adalah kendaraan listrik tanpa gas buang. Desainer Nissan hanya menyisakan logo khas Nissan pada bagian tengah dan sepasang garis pahatan tegas yang terlihat menyambung ke bagian kap.

Dari samping terdapat rumah roda yang tampak asimetris dengan desain mobil. Bentuknya terlihat tidak sinkron dengan bentuk mobil. Hal yang sama bisa ditemukan pada mobil konsep Nissan lainnya, IMx yang tampil perdana pada pameran Tokyo Motor Show 2017 silam. Semoga saja ini hanya menjadi ciri khas mobil-mobil konsep Nissan di masa yang akan datang. Mobil sedan ini terlihat gagah dan sporty berkat penggunaan ban Michelin berukuran 22 inci dan pilar C yang menyerupai sebuah coupe yang sepertinya akan tetap menjadi tren untuk beberapa tahun lagi. Dan untuk bagian belakangnya terdapat bahasa desain yang simpel karena hanya terdapat lampu holografik yang diletakan horizontal melintang dari sisi kanan sampai kiri tanpa adanya aksen atau guratan garis tambahan. Tulisan 'NISSAN' yang diletakkan tepat di atas lampu belakang akan ikut menyala merah jika pengemudi menyalakan lampu.

Untuk akses masuk ke IMs Concept ini sangat mudah karena absennya pilar B dan pintu mobil yang dibuka secara suicide atau berlawanan. Pada jok pengemudi terdapat roda kemudi futuristik khas mobil konsep. Uniknya pada sebelah kiri setir terdapat sebuah layar yang menampilkan informasi mengenai waktu, suhu, dan sisa jarak tempuh. Dan pada kokpit tengah terdapat layar berukuran besar yang bertugas untuk menampilkan sistem navigasi dan hiburan. Pada bagian langit-langit Nissan memberikan sentuhan menarik, berupa atap panorama dengan kaca beraksen gelap dan ditambah dengan pola geometris berwarna emas. Fitur unik lainnya Premiere Seat, merupakan jok menyerupai lounge yang dibuat dengan cara melipat dua kursi bagian belakang kebawah.

Motor listrik yang dibenamkan oleh inisnyur Nissan berjumlah dua unit dan sebuah baterai berkekuatan 115 kWh. Tenaga yang dihasilkan oleh mobil konsep dengan penggerak semua roda ini adalah 483 hp dan torsi 799 Nm. Dalam sekali pengisian ulang penuh baterai, IMs dapat menjelajah sejauh 611 km. Meskipun mobil ini dibuat untuk mengutamakan keasyikan berkendara, tapi juga terdapat mode full-autonomous. Jika mode tersebut diaktifkan, maka setir akan melipat secara otomatis. Selain itu lampu depan dan belakang akan menyala biru sebagai tanda kepada pejalan kaki dan pengendara lainnya bahwa IMs ini sedang berjalan dengan mode otonom.


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


Rilis
Rilis
ARIPITSTOP
Aripitsto
Elang
Elang
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Mr. OtoMen
Mr. Otome
Otowheel
Otowheel
SW218
Sw218

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter