logo

bg-h4-whiteKolumnis


Minggu, 05 Nov 2017 | 20:23

Mitsubishi Evolution Berubah Menjadi Crossover Listrik Bernama e-Evolution Concept

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Mitsubishi selama ini dikenal dengan mobil legendarisnya yang bernama Lancer Evo. Sedan sport empat pintu  tersebut terkenal baik di lintasan Rally WRC dan jalan raya biasa. Sayang pabrikan asal Jepang tersebut harus menghentikan produksinya dan tidak akan generasi penerusnya dengan alasan penjualan yang menurun. Satu hal yang membuat kecewa para fans fanatiknya yang tersebar di seluruh dunia.

Dan pada ajang Tokyo Motor Show 2017, Mitsubishi kembali menghidupkan kembali nama ikonik tersebut melalui mobil konsep terbarunya. Mobil konsep tersebut bernama lengkap e-Evolution Concept dan hadir dengan wujud crossover kompak. Sepertinya memang sekarang ini Mitsubishi sedang hobi menggunakan kembali nama-nama mobil yang sudah tidak diproduksi lagi tapi dengan wujud yang benar-benar berbeda dengan generasi terdahulu. Sebelum mobil konsep ini, produsen mobil ini menghidupkan kembali nama Eclipse yang dulunya adalah coupe dan convertible kenamaan, kini bertransformasi menjadi compact crossover yang siap melawan Honda CR-V dan kawan-kawan.

Mobil ini masih mengadopsi bahasa desain Dynamic Shield. Penempatan lampu mengingatkan kita pada Mitsubishi Xpander yang mulai wara-wiri di jalanan Indonesia. Lampu bagian atas yang di dekat kap mesin adalah LED Daytime Running Lights. Sementara lampu utamanya tepat berada di bawahnya. Saluran udara berukuran besar yang berada di bawah lampu utama berfungsi untuk mendinginkan rem. Garis tajam berlapis krom yang mengapit gril juga bisa kita lihat pada e-Evolution ini. Dan dikarenakan ini adalah kendaraan listrik, maka gril konvensional diganti dengan kaca dan di atasnya diletakkan logo tiga berlian khas Mitsubishi yang beraksen krom.

Desainer Mitsubishi memberikan sentuhan kekinian melalui floating roof pada pilar C. Garis-garis pahatan yang tegas dan plastic cladding hitam khas sebuah crossover membuat mobil ini tampak lebih artistik. Absennya handle pintu mengindikasikan mobil ini menggunakan teknologi NFC atau tap dengan telapak tangan seperti yang ada di VW I.D. Crozz II Concept untuk membuka pintu. Lampu belakang mobil ini terlihat unik karena membentuk huruf ‘Y’ yang digambar secara horizontal. Bagian tengahnya terdapat garis menggembung yang membuat mobil ini tampak gemuk.

Untuk menggerakan mobil ini, insinyur Mitsubishi membenamkan tiga motor listrik dan ditemani oleh baterai yang diletakkan di bawah lantai mobil. Selain itu juga ada sistem 4WD triple-motor yang dilengkapi dengan Dual Motor Active Yaw Control yang bisa menggerakkan dua motor listrik belakang melalui unit pengubah torsi yang dikontrol secara elektronik. Agar pengendalian e-Evolution mantap layaknya sebuah mobil sport, Mitsubishi memberdayakan Super – All-Wheel Control (S-AWC). Untuk menghentikan laju mobil ini, pabrikan berlogo tiga berlian ini mengandalkan kaliper elektrik.

Layaknya mobil konsep dari pabrikan mobil lainnya, mobil konsep empat pintu ini juga dilengkapi dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) yang akan membantu pengemudi dalam berkendara. Sistem yang terdiri dari beberapa sensor ini akan membaca kondisi jalan dan lalu-lintas yang dilalui. Selanjutnya, AI akan memberikan saran kepada pengemudi dalam berkendara dalam rangka meningkatkan kemampuan mengemudikan mobil. 


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Otowheel
Otowheel
ZonaVanza
Zonavanza
Rider
Rider

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter