logo

bg-h4-whiteKolumnis


Minggu, 04 Nov 2018 | 14:16

Mercedes B-Class 2019 Siap Hadang Laju BMW Seri 2 Active Tourer

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Di Indonesia nama Mercedes B-Class hanya dikenal oleh segelintir orang saja. Karena kebanyakan hanya mengenal C-Class, E-Class, S-Class, sampai SUV-nya G-Class yang legendaris. B-Class ini dibuatbagi keluarga kecil yang menginginkan sebuah compact MPV yang mewah dan praktis. Baru-baru ini pabrikan Jerman tersebut memperkenalkan generasi terbaru B-Class.

Jika pada dua generasi sebelumnya B-Class melenggang sendiri tanpa adanya rival secara langsung, maka kini MPV kompak ini harus berhadapan langsung dengan lawan abadinya, BMW Seri 2 Active Tourer.

Layaknya mobil-mobil keluaran terbaru Mercedes, B-Class baru ini juga hadir dengan Bahasa desain terkini. Tapi menariknya mobil ini tidak mempunyai lampu utama berbentuk boomerang seperti yang kita lihat pada A-Class dan CLS-Class generasi terbaru. Lampu utamanya berbentuk lonjong sudah menggunakan LED dan ditemani dengan LED Daytime Running Lights yang berbentuk garis horizontal. Gril khas Mercedes dengan motif berlian dipadukan dengan sepasang garis horizontal berlapiskan krom dan logo three-pointed-star juga hadir pada MPV ini. Bagian belakangnya terlihat simpel dengan  lampu LED horizontal, spoiler pada atap, dan sepasang hiasan knalpot untuk menambah kesan sporty pada mobil (kemungkinan besar ini hanyalah knalpot palsu).

Masuk ke bagian dalam B-Class generasi ketiga ini rasanya seperti memasuki mobil Mercedes terbaru lainnya. Dashboard, panel instrumen, kisi-kisi AC, sampai lampu interior terlihat sama persis. Menurut pihak pabrikan, B-Class terbaru ini mempunyai ruang kepala dan ruang kaki yang lebih besar dibandingkan dengan generasi pendahulunya. Sedangkan untuk kapasitas bagasinya terdapat dua pilihan, yaitu 455 liter dan 705 liter dalam keadaan standar. Jika kursi belakang dilipat maka kapasitasnya meningkat menjadi 1.540 liter. Pihak Mercedes menyediakan opsional untuk joknya, seperti fasilitas massage, pemanas, dan masih banyak lagi.

Fitur menarik yang dibenamkan adalah semi-otonom yang merupakan bawaan dari S-Class. Ya, menurut pihak Mercedes B-Class baru ini bisa berjalan sendiri pada situasi tertentu.

Di balik kap mesinnya terdapat pilihan mesin bensin dan diesel yang sudah sesuai dengan regulasi terbaru, Euro 6. Mesin bensin memiliki kapasitas 1.330 cc 4 silinder dengan dua pilihan tenaga, yaitu 134 hp dan 161 hp. Sementara untuk mesin diesel, terdapat dapur pacu berkapasitas 1.500 cc yang bertenaga 114 hp dan torsi sebesar 260 Nm. Pilihan diesel lainnya adalah 2.000 cc 4 silinder dengan dua pilihan tenaga, yakni 147 hp dan 188 hp. Mesin diesel dengan kapasitas 2.000 cc memiliki pilihan transmisi otomatis kopling ganda 8-percepatan. Pilihan mesin lainnya dan sistem penggerak semua roda khas Mercedes, 4MATIC akan ditawarkan kemudian.

Mercedes B-Class 2019 rencananya akan mulai dijual di Eropa pada bulan Desember 2018 mendatang.  


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


Rilis
Rilis
ARIPITSTOP
Aripitsto
Elang
Elang
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Mr. OtoMen
Mr. Otome
Otowheel
Otowheel
SW218
Sw218

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter