logo

bg-h4-whiteKolumnis

Minggu, 15 Apr 2018 | 21:41

Mercedes-AMG GT 4-Door Coupe 2019 Siap Tantang Porsche Panamera

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Jika Anda menginginkan Mercedes-AMG GT tapi mungkin mobil dengan dua penumpang tidak cukup, mungkin GT 4-Door Coupe bisa jadi alternative yang sangat tepat. Ya, dengan mobil empat pintu ini Anda bisa memamerkan seberapa cepat mobil ini dan kemahiran Anda dalam berkendara pada keluarga atau teman. Atau mobil ini juga cocok buat kendaraan sehari-hari menemani aktivitas Anda.

Lalu seberapa cepat penantang Porsche Panamera ini? Ketika Anda akan membeli mobil ini, Anda akan dihadapkan pada tiga pilihan varian. Varian paling ‘pelan’ adalah GT 53 4MATIC+ yang berkapasitas 3.000 cc 6 silinder segaris dilengkapi dengan turbocharged plus sistem plug-in hybrid. Jantung mekanis tersebut mampu menghasilkan tenaga 429 hp. Motor listrik yang ada mampu menambahkan tenaga sebesar 21 hp. Mesin ini mempunyai sebuah kompresor elektrik yang berfungsi untuk menghilangkan gejala turbo lag. Varian paling bawah ini mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dari keadaan diam dalam waktu 4,5 detik dengan kecepatan maksimum 285 km/jam. Untuk transmisinya mengandalkan TCT otomatis 9-percepatan.

Varian kedua adalah GT 63 4MATIC+. Tipe ini membawa mesin V8 berkapasitas 4.000 cc yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 576 hp dan torsi 800 Nm. Untuk peformanya, GT 63 ini mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dari keadaan diam dalam waktu 3,4 detik. Sementara untuk kecepatan maksimumnya adalah 310 km/jam. Dapur pacunya dipasangkan dengan transmisi otomatis MCT yang lebih responsive 9-percepatan.

Dan tipe yang paling kencang adalah GT 63 S 4MATIC+. Mesin yang digunakan memiliki kubikasi yang sama dengan GT 63 biasa, yakni 4.000 cc V8 biturbo. Tenaga yang dimuntahkan adalah sebesar 630 hp dan torsi 900 Nm. Sedan ini mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dalam waktu 3,2 detik dan untuk kecepatan maksimalnya adalah 315 km/jam. Transmisi yang digunakan sama dengan GT 63 4MATIC+. Untuk varian bermesin V8 sudah dilengkapi dengan AMG Cylinder Management yang akan menonaktifkan sejumlah silinder ketika Anda memilih mode pengendaraan Comfort.

Varian V8 hadir dengan suspensi udara multi-chamber. Sedangkan untuk tipe 6 silinder hadir dengan pegas baja dan peredam adaptif. Rear-wheel steering menjadi kelengkapan standar pada GT 4-Door Coupe V8 dan opsional pada versi 6 silinder.

Mercedes-AMG GT 4-Door Coupe 2019 ini hadir dengan penggerak semua roda khusus yang bernama AMG Performance 4MATIC+. Sistem tersebut akan terus menghitung berapa torsi yang tepat untuk masing-masing roda berdasarkan kondisi jalan yang dilalui dan pergerakan pengemudi. Menariknya, pihak AMG membenamkan mode pengendaraan Drift pada tipe GT 63 S 4MATIC+ sebagai kelengkapan standar, dan opsional untuk varian lainnya.

Dari segi estetika eksterior, mobil cepat ini tampil dengan desain yang agresif, bengis, dan tentu saja sporty. Anda tidak akan melihat Bahasa desain terbaru Mercedes pada GT 4 ini. Ya, karena mobil ini ingin berdiri sendiri tanpa harus mirip dengan A-Class dan CLS-Class generasi terbaru. Lampu utama yang sudah dilengkapi dengan teknologi MULTIBEAM LED hadir dengan bentuk lonjong dan ditemani oleh LED Daytime Running Lights yang membentuk huruf ‘C’. Gril Panamericana berupa garis-garis vertikal yang merupakan ciri khas Mercedes-AMG juga hadir pada sedan mewah nan kencang ini.

Dari samping Anda akan melihat garis pilar C yang landai menyerupai sebuah coupe dan mirip dengan rival beratnya, Porsche Panamera. Lampu belakang LED yang sipit terlihat agak tidak cocok dengan garis desain bagian belakang yang membulat. Knalpot sebanyak empat unit ditugaskan untuk memperdengarkan suara mesin yang merdu dan membuat mobil ini tampak lebih sporty.

Interiornya, Anda akan melihat sepasang layar berukuran 12,3 inci yang berfungsi sebagai panel instrumen di belakang setir palang tiga dan menampilkan berbagai sistem hiburan pada kokpit tengah. Kisi-kisi AC yang berbentuk bulat dengan motif baling-baling merupakan ciri khas Mercedes saat ini. Hal yang menarik pada kabin GT 4 ini adalah konsol tengah yang melayang. Pada bagian tersebut terdapat beberapa tombol berwarna, seperti mode transmisi, suspensi, mengaktifkan atau mematikan sistem ESP, sistem knalpot, dan masih banyak lagi. GT 4-Door Coupe merupakan mobil pertama Mercedes yang mengadopsi tombol-tombol pengoperasian tersebut.

Mercedes-AMG GT 4-Door Coupe 2019 rencananya akan dirilis di Eropa pada musim panas tahun ini.

Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
Elang
Elang
Dhika
Dhika
OtoXplore
Otoxplore
Rilis
Rilis
Mr. OtoMen
Mr. Otome
SW218
Sw218
Jusripulubuhu
Jusripulu

Video

Top Artikel Kolumnis

img1
Minggu, 15 Apr 2018 - 18:45 wib
Soerobojo Cub Day 2018 Pestanya Classic Cub Series
img1
Selasa, 17 Apr 2018 - 09:00 wib
Cara Mudah Biar Mobil Gak jadi Sarang Tikus
logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter