logo

bg-h4-whiteKolumnis


Minggu, 06 Sep 2020 | 21:57

Mercedes S-Class 2021 Kukuhkan Sebagai Mobil Tercanggih.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Adanya pandemic coronavirus tidak menciutkan nyali pabrikan mobil untuk memperkenalkan produk terbarunya sesuai jadwal yang sudah direncanakan sejak lama. Seperti Mercedes yang baru-baru ini memperkenalkan generasi terbaru S-Class melalui acara live streaming. Lalu seperti apa generasi ketujuh sedan mewah ini? Teknologi dan fitur apa saja yang dibawa oleh sedan legendaris ini? Apakah S-Class baru ini tetap layak menjadi pemimpin di segmen sedan mewah dunia?

Untuk desain eksteriornya, S-Class terbaru ini tetap tampil elegan dan mewah. Tapi, pada generasi ketujuh ini sepertinya tim desainer Mercedes lebih memilih bermain aman dalam mengembangkan sedan empat pintu ini. Jika biasanya S-Class selalu menjadi petunjuk bagaimana bahasa desain Mercedes nantinya, maka sekarang muncul dengan bentuk yang hampir sama dengan lineup yang sudah ada. Lihat saja LED Daytime Running Lights-nya yang berbentuk boomerang sudah digunakan pada beberapa produk Mercedes sebelumnya, mulai dari A-Class sampai CLS. 

Meskipun begitu tapi pihak pabrikan menyematkan teknologi terbaru pada lampu utama yang berbentuk lonjong tersebut. Bernama Digital Light, lampu depan sedan mewah ini terdiri dari 3 unit lampu LED yang powerful yang cahanya dibiaskan dan kemudian diarahkan oleh 1,3 juta ‘cermin’ berukuran mikro. ‘Cermin-cermin’ tersebut juga mampu membagi cahaya lampu sebanyak jumlah ‘cermin’ mikro tersebut sehingga menghasilkan 2,6 juta piksel cahaya.  Dengan kemampuan seperti itu membuat lampu depan S-Class ini bisa memancarkan gambar atau simbol peringatan di atas permukaan jalan raya. Jadi, ketika sistem membaca adanya rambu perbaikan jalan dalam jarak tertentu, maka lampu utama akan memperlihatkan simbol peringatan untuk pengemudi. Tidak hanya simbol perbaikan jalan saja yang bisa diperlihatkan, tapi juga simbol traffic light, tanda untuk berhenti di persimpangan, dan lain-lain. Bahkan Digital Light juga bisa membantu pejalan kaki ketika menyebrang jalan. 

Saluran udara pada bagian depan hadir dengan aksen krom melintang dari sisi kanan sampai kiri mobil membuat S-Class tampak mewah. Untuk pertama kalinya sedan mewah ini hadir dengan handle pintu model pop-out yang bias akita lihat pada mobil sport mewah. Sama seperti dengan lampu utama, lampu belakang S-Class 2021 ini juga sudah mengadopsi teknologi Digital Light. 

Perubahan paling besar di bagian interior adalah layar sentuh OLED berukuran 12,8 inci pada kokpit tengah yang ditempatkan secara vertikal. Layar tersebut hadir dengan sistem MBUX generasi ternaru dan memiliki haptic feedback. Fitur perintah suara Hey Mercedes kini hadir pada setiap kursi. Di belakang roda kemudi palang tiga terdapat panel instrumen berukuran 12,3 inci yang sudah full-digital. Menariknya, konsumen bisa menambahkan mode 3 dimensi yang ditawarakan sebagai opsional. Untuk melihat mode 3 dimensi tersebut tidak memerlukan kacamata khusus karena terdapat sepasang kamera yang terintegrasi yang secara presisi memastikan posisi mata pengemudi untuk bisa membuat efek 3 dimensi dengan latensi yang sangat rendah. 

Penumpang belakang juga mendapatkan sepasang layar sentuh berukuran 11,6 inci yang terpasang pada headrest jok depan. Pada konsol tengah bagian belakang juga terdapat tablet PC berukuran kecil untuk mengatur posisi duduk, suhu kabin, dan lain sebagainya. Ketiga layar tersebut juga berjalan dengan sistem operasi MBUX. Seperti S-Class generasi sebelumnya, interior sedan baru ini juga dilengkapi dengan pencahayaan khusus, tapi kini Mercedes menghubungkannya juga dengan sistem keselamatan mobil. Jadi, ketika sistem Active Blind Spot memberikan peringatan kepada pengemudi, maka lampu pada bagian dalam mobil akan berubah menjadi merah. Jumlah lampu LED juga mengalami peningkatan yang pesat dari hanya 40 menjadi 250 unit. 


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Otowheel
Otowheel
ZonaVanza
Zonavanza
Rider
Rider

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter