logo

bg-h4-whiteKolumnis


Minggu, 06 Oct 2019 | 19:44

Mercedes GLS 2020 Kukuhkan Sebagai S-Class Berbentuk SUV

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Setelah lama ditunggu-tunggu, akhirnya Mercedes menyingkap generasi ketiga SUV termewah mereka, GLS. SUV yang sudah memasuki generasi ketiga ini mendapatkan rombakan besar-besaran. Tentu ini dikarenakan kompetisi pada segmen full-size luxury SUV semakin ketat. Apalagi rival abadinya, BMW akhirnya ikut terjun juga melalui lineup terbarunya, X7. Tentu Mercedes harus segera memperbarui GLS.

Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, GLS terbaru ini tampak lebih gagah dan justru terlihat kurang mewah. Pada bagian wajah terdapat lampu utama yang berdimensi lebih kecil ditemani oleh LED Daytime Running Lights yang tipis. Layaknya SUV Mercedes lainnya, GLS hadir dengan gril yang terdiri dari sepasang garis horizontal mengapit logo besar three-pointed-star khas Mercedes. Senada dengan lampu depan, lampu belakang LED GLS terbaru ini juga memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan generasi pendahulunya. Dan lampu belakang ini hadir dengan motif kotak-kotak khas SUV Mercedes baru.

Jika dilihat dari luar GLS ini memang terlihat sangat bongsor. Tak heran jika SUV mewah ini memiliki bagian dalam yang sangat lega. Mobil ini tetap bisa memuat tujuh penumpang. Dan semua jok-nya bisa di-setting secara elektrik. Kapasitas maksimal bagasi GLS 2020 ini mencapai 2.400 liter. Dan untuk pertama kalinya, pihak pabrikan menawarkan pilihan opsional berupa konfigurasi tempat duduk untuk enam orang. Jadi pada baris ketiga hanya terdapat sepasang tempat duduk. Sistem MBUX ditayangkan melalui layar sentuh yang ditempatkan pada kokpit tengah dan berdampingan dengan panel instrumen digital. Kedua layar tersebut berukuran 12,3 inci. Fitur menarik yang dibenamkan antara lain Head-Up Display yang sudah berwarna, sepasang layar berukuran 11,6 inci pada bagian belakang (menjalankan sistem MBUX juga), sebuah tablet Android berukuran 7 inci yang berguna untuk mengakses menu MBUX pada bagian belakang, dan masih banyak lagi.

Untuk suspensinya, terdapat pilihan opsional berupa E-Active Body Control yang terhubung dengan sistem berkekuatan 48 Volt. Fitur tersebut diklaim mampu menghadirkan kenyamanan suspensi yang luar biasa baik, handling mobil yang lincah, dan meningkatkan kemampuan mobil dalam melibas medan off-road. Sedangkan untuk suspensi standar bawaan GLS adalah suspensi udara Airmatic dilengkapi dengan Adaptive Damping System Plus.

Pilihan mesin yang ditawarkan untuk GLS cukup beragam. Mesin bensin SUV bongsor ini sudah dilengkapi dengan teknologi EQ Boost. Varian GLS 580 4MATIC menggunakan mesin V8 berkapasitas 4.000 cc dikombinasikan dengan EQ Boost berkekuatan 48 Volt dan menghasilkan tambahan tenaga 21 hp. Total tenaga yang disemburkan adalah 482 hp dan torsi 700 Nm. Pilihan kedua untuk mesin bensin (dan diesel) adalah 6 silinder segaris berkubikasi 3.000 cc. Mengandalkan EQ Boost, total tenaga yang dihasilkan adalah 362 hp dan torsi 500 Nm. Untuk mesin 3.000 cc ini tidak akan dijual di negara-negara Uni Eropa.

Untuk pasar Eropa dan lainnya (selain Amerika Utara), akan mendapatkan dua pilihan mesin diesel OM 656 berkapasitas 2.900 cc 6 silinder segaris. Varian yang menggunakan jantung mekanis tersebut adalah GLS 350d 4MATIC dan GLS 400d 4MATIC. Untuk varian pertama, tenaga yang diproduksi mencapai 282 hp dan torsi 600 Nm. Dan untuk tipe kedua tenaga yang dihasilkan adalah 325 hp dan torsi 700 Nm. Semua GLS dilengkapi dengan transmisi otomatis 9G-TRONIC 9-percepatan dan penggerak AWD.

Jika GLS ini masih kurang mewah, pihak Maybach saat ini sedang mempersiapkan varian yang lebih mewah lagi dengan basis GLS ini. Dan untuk penggila kecepatan dan AMG, sayangnya sampai saat ini belum ada informasi resmi mengenai kehadiran Mercedes-AMG GLS.


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Dhika
Dhika
Rider
Rider
Mr. OtoMen
Mr. Otome
Otowheel
Otowheel

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter