logo

bg-h4-whiteKolumnis


Minggu, 06 Oct 2019 | 15:07

Mercedes GLE Coupe 2020 Siap Hadang Laju BMW X6

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Kehadiran Mercedes GLE Coupe memang cukup kontroversial tapi sudah dapat ditebak. Ini dikarenakan keinginan produsen mobil asal Jerman tersebut untuk menghadang laju musuh abadinya, BMW dengan lineup andalannya yang sudah meluncur duluan, X6. Belum lagi desain eksteriornya, terutama bagian belakangnya yang terlihat cukup aneh pada waktu itu. Tapi tetap saja GLE Coupe laris di pasaran dunia. Apalagi kini orang-orang lebih suka membeli mobil model SUV atau crossover.

Karena masih membawa nama GLE, maka GLE Coupe dikembangkan berbasis pada GLE reguler. Bagian depannya saja sangat mirip dengan SUV yang dulunya bernama ML-Class. Lampu utamanya masih ditemani oleh empat unit LED Daytime Running Lights yang berbentuk boomerang. Karena mobil ini bertema sport, maka gril yang digunakan adalah motif sepasang garis horizontal yang mengapit logo Mercedes. Di sekitarnya terdapat titik-titik berlapiskan krom agar terlihat mewah. Bumper depan juga terlihat sporty dengan saluran udara yang berdimensi besar. Menyandang embel-embel Coupe, maka pilar C mobil wajib melandai layaknya coupe pada umumnya. Lampu belakang LED tampak berukuran sedikit lebih kecil dibandingkan GLE Coupe lama. Dan agar terlihat lebih sporty, desainer Mercedes memberikan aksen gelap pada lampu belakang dan menambahkan spoiler belakang. Tak hanya itu saja, kesan sporty coba diperlihatkan melalui sepasang knalpot dengan aksen krom di sekililingnya.

Pada saat yang bersamaan, versi AMG dari GLE Coupe juga diperkenalkan. Identitas khas AMG saat ini yang terlihat adalah gril Panamericana yang dilabur warna krom. Bumper depan masih berdesain sama, tapi pihak pabrikan menambahkan aksen hitam pada bagian ujungnya. Pelek pada versi AMG juga terlihat lebih sporty berkat dilabur warna hitam. Untuk bagian belakangnya perbedaannya yang paling terlihat adalah hadirnya empat unit knalpot.

Pihak Mercedes mengatakan bahwa kabin GLE Coupe baru ini lebih lapang dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Mereka menambahkan bahwa executive crossover ini mampu memuat lima orang dewasa dengan nyaman. Untuk kapasitas bagasinya adalah 655 liter dalam keadaan standar dan bisa membengkak menjadi 1.790 liter ketika semua jok belakang direbahkan. Dengan angka tersebut produsen mobil asal Jerman ini mengklaim bahwa GLE Coupe memiliki kapasitas bagasi yang paling luas dikelasnya. Antara layar yang menampilkan fitur hiburan MBUX dan panel instrumen terlihat menyatu dan keduanya memiliki ukuran 12,3 inci. Pada GLE Coupe biasa, setirnya berbalut kulit, jok bergaya sport, dan kulit Artico pada dashboard. Dan untuk model AMG, akan mendapatkan roda kemudi khas AMG, warna interior kombinasi antara hitam dan merah, serta jok bergaya sport dengan emblem AMG. 

GLE Coupe baru ini menggunakan suspensi yang terbuat dari baja dan sudah di-setting lebih sporty dan kencang. Konsumen bisa menambahkan fitur opsional berupa Airmatic atau E-Active Body Control. Sistem suspensi E-Active Body Control dibuat dengan basis Airmatic tapi ditambahkan kemampuan untuk mengatur pegas dan peredam secara mandiri untuk masing-masing roda. Pihak Mercedes mengatakan bahwa baru pihaknya yang memasarkan sistem seperti itu. Untuk Mercedes-AMG GLE Coupe mendapatkan fitur suspensi udara AMG Ride Control+ sebagai kelengkapan standar. Sistem tersebut diklaim mampu menawarkan pengendaraan yang nyaman untuk jarak jauh dan membuat mobil lebih lincah. Selain itu juga terdapat sistem kemudi yang lebih sporty dibandingkan dengan GLE Coupe biasa, rem dengan peforma tinggi, dan sistem penggerak semua roda yang bernama AMG Performance 4MATIC+ yang bisa membagi torsi secara optimal untuk masing-masing roda.

Di Eropa, GLE Coupe juga ditawarkan dengan mesin diesel. Terdapat dua pilihan diesel yang ditawarkan, yaitu GLE Coupe 350d 4MATIC yang bertenaga 268 hp dan torsi 600 Nm. Pilihan kedua adalah GLE Coupe 400d 4MATIC menghasilkan tenaga 325 hp dan memiliki torsi 700 Nm. Kedua mesin tersebut ditemani oleh transmisi otomatis 9-percepatan. Untuk versi AMG-nya mengandalkan unit 3.000 cc 6 silinder dilengkapi dengan turbocharged. Mesin bensin tersebut juga ditemani oleh motor listrik (ya, mobil ini sudah mengandalkan EQ Power) bertenaga 21 hp. Total tenaga yang disemburkan adalah 429 hp dan memiliki torsi 521 Nm. 


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Dhika
Dhika
Rider
Rider
Mr. OtoMen
Mr. Otome
Otowheel
Otowheel

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter