logo

bg-h4-whiteKolumnis


Minggu, 29 Sep 2019 | 13:41

Mercedes GLB 2020 adalah SUV Kecil yang Dapat Memuat 7 Orang.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Setelah menunggu lama akhirnya Mercedes membuka selubung dari lineup barunya, GLB. Ya, sesuai dengan namanya yang menggunakan nama GL, bisa dipastikan ini adalah SUV terbaru dati produsen mobil asal Jerman ini. Dan menariknya, ini adalah model yang benar-benar baru alias tidak ada generasi yang digantikan. GLB sendiri diposisikan diantara GLA dengan GLC. Ini artinya rival dari GLB sendiri adalah BMW X1 dan Volvo XC40.

Berbeda dengan GLA dan GLC, GLB hadir dengan garis desain yang lebih kaku sehingga mobil ini terlihat boxy. Lampu utamanya berbentuk kotak dengan sepasang LED Daytime Running Lights yang diletakkan pada posisi atas dan bawah yang mengingatkan saya pada GLC facelift. Seperti mobil Mercedes lainnya, GLB hadir dengan 2 pilihan desain gril yang berbeda tergantung varian yang dipilih. Gril yang pertama terdiri dari sepasang garis horizontal mengapit logo three-pointed-star khas Mercedes membuat GLB terlihat gagah. Pilihan kedua gril ini akan membuat SUV ini terlihat sporty dan mewah karena memiliki motif sebuah garis horizontal ditemani oleh titik-titik berlapiskan krom. Lampu belakang LED-nya hadir dengan motif khas SUV Mercedes terbaru. Knalpot kembar yang terlihat di bagian belakang diharapkan bukanlah knalpot palsu. 

Untuk model AMG GLB 35 hadir dengan tampilan yang lebih agresif dan sporty sesuai dengan tema yang diusung. Pada bagian depan perbedaan yang paling terlihat adalah gril Panamericana khas lineup AMG dan sebagai pembede dengan GLB biasa. Front splitter pada versi AMG dilabur warna silver. Perubahan lainnya adalah pelek alloy berukuran 19 inci dengan motif turbin, spoiler belakang yang didesain ulang sehingga terlihat sedikit lebih besar, dan knalpot kembar dengan bentuk baru yang lebih sporty.

Interior GLB kurang-lebih sama dengan mobil baru Mercedes lainnya. Sistem hiburannya sudah menggunakan MBUX yang pertama kali digunakan pada A-Class generasi terbaru. Teknologi otonom yang ada pada S-Class juga dibenamkan ke dalam tubuh GLB. Hasilnya, SUV ini bisa berkendara sendiri tanpa bantuan manusia pada situasi tertentu. Fitur asisten pengemudi yang ditawarkan antara lain Active Steering Assist, Active Lane Change Assist, and Active Parking Assist with Parktronic. Dan yang menarik mobil ini bisa memuat sampai dengan tujuh orang dewasa. Dan untuk baris ketiga konsumen bisa memesan jok model captain seat. Tak hanya itu saja, penumpang baris ketiga juga mendapatkan airbag pada jendela, dua cup holder, tempat penyimpanan, dan colokan USB Type C. Dan jika konsumen tidak menginginkan GLB dengan tujuh penumpang, bisa memesan dengan kapasitas 5 penumpang dimana jok baris keduanya bisa dilipat dengan rasio 40:20:40. Sementara itu untuk varian AMG GLB 35, konsumen akan mendepatakan jok sporty bermaterial microfiber Artico atau Dinamica dengan cetakan jaihtan berwarna kontras, yakni merah. Lalu setir palang tiganya dibalut oleh kulit Nappa. 

Sistem 4WD yang dibenamkan ke dalam badan GLB-Class adalah 4MATIC model permanen dengan Variable Torque Distribution. Mode pengendraan yang tersedia adalah Eco/Comfort, Sport, dan Off Road. Untuk mode Off Road, sistem akan secara otomatis membagi torsi ke bagian roda depan dan belakang. 

Untuk pasar Amerika Serikat, GLB hanya ditawarkan dalam satu model, yakni GLB 250 4MATIC yang menggendong mesin bensin berkapasitas 2.000 cc dilengkapi dengan turbocharged. Tenaga yang disemburkan adalah 221 hp pada 5.500 rpm. Untuk varian AMG GLB 35 membawa unit mesin yang sama. Tapi insinyur AMG melakukan tuning ulang sehingga tenaga yang diproduksi lebih besar, yaitu 302 hp dengan torsi 400 Nm. Transmisi yang digunakan adalah otomatis kopling ganda 8-percepatan. Untuk peforma model AMG, mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dalam waktu 5,2 detik dan kecepatan maksimumnya adalah 250 km/jam. 


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Dhika
Dhika
Rider
Rider
Mr. OtoMen
Mr. Otome
Otowheel
Otowheel

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter