logo

bg-h4-whiteKolumnis


Minggu, 10 Feb 2019 | 20:09

Mercedes CLA 2020 Mencoba Tampil Beda dengan CLS.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Meskipun sampai saat ini saya masih bingung dengan segmentasinya, tapi kehadiran Mercedes CLA dan CLS ternyata disambut hangat oleh publik dunia. Dan setelah tahun lalu memperkenalkan generasi ketiga CLS, pada tahun 2019 ini Mercedes bersiap untuk meluncurkan generasi kedua CLA.

Jika dilihat secara sekilas, maka akan terlihat bahwa CLA baru ini mempunyai tampilan yang sama persis dengan CLS generasi terakhir. Apalagi lampu LED Daytime Running Lights sama-sama berbentuk boomerang. Sehingga banyak yang beranggapan bahwa CLA 2020 ini adalah CLS dengan dimensi kompak. Padahal jika dicermati lebih teliti, desainer Mercedes memberikan bentuk lampu utama yang berbeda dengan CLS. Untuk bagian belakangnya, pada dasarnya CLA memiliki lampu yang sama dengan CLS baru tapi pihak pabrikan memberikan sedikit perbedaan berupa lampu sein yang miring.

Para insinyur di Mercedes bekerja keras untuk mendapatkan tingkat aerodinamika yang lebih baik dibandingkan versi sebelumnya. Hasilnya agak mengecewakan karena nilai coefficient of drag mencapai 0,23. Padahal pada CLA generasi terdahulu adalah 0,22. Sementara itu interiornya, desainnya sama persis dengan saudaranya, yaitu A-Class generasi terbarunya. Ini artinya terdapat sistem hiburan terbaru, yaitu MBUX juga tersedia lengkap dengan asisten Hey, Mercedes.

Suspensi belakang CLA generasi terbaru ini menggunakan multi-link yang terpisah untuk mengurangi kebisingan dan getaran. Selain itu juga terdapat stabilizer yang lebih besar untuk mengurangi body roll dan dilengkapi dengan peredam adaptif sebagai opsional. Sistem keselamatan yang digunakan oleh CLA kebanyakan dicomot dari sedan mewah S-Class, seperti Active Emergency Stop Assist, Active Lane Change Assist, Active Brake Assist, dan masih banyak lagi. Bahkan sistem kemudi semi-otonom juga dibenamkan ke dalam tubuh sedan-coupe ini.

Untuk pilihan mesinnya, pihak Mercedes tidak berbicara banyak. Pabrikan asal Jerman tersebut hanya mengumumkan kehadiran CLA 250 dengan mesin bensin 4 silinder berkapasitas 2.000 cc dilengkapi dengan turbo dan menghasilkan tenaga 222 hp dan torsi 350 Nm. Dapur pacu tersebut dipasangkan dengan transmisi kopling ganda otomatis 7-percepatan. Apakah ada pilihan mesin lain? Mercedes mengatakan bahwa pilihan lainnya ada dan hampir sama dengan A-Class. Lalu juga ada pilihan transmisi manual dan opsional penggerak semua roda khas Mercedes, 4MATIC.

Mercedes CLA 2020 akan mulai dijual di Eropa pada bulan Mei nanti dan untuk pasar Amerika Serikat baru akan dijual pada akhir tahun ini.  


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


Rilis
Rilis
ARIPITSTOP
Aripitsto
Elang
Elang
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Mr. OtoMen
Mr. Otome
Otowheel
Otowheel
SW218
Sw218

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter