logo

bg-h4-whiteKolumnis


Minggu, 20 Sep 2020 | 20:08

MC20 2021 Memulai Era Baru Maserati.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Setelah mengalami beberapa penundaan dengan berbagai macam alasan, termasuk pandemic Covid-19, akhirnya Maserati secara resmi memperlihatkan supercar terbarunya yang bernama MC20. Bisa dibilang ini adalah generasi penerus dari Maserati MC12 yang dibuat dengan basis Ferrari Enzo. Dengan MC20, pihak Maserati mengumumkan era baru pabrikan mobil mewah asal Italia tersebut. 

Dari segi desain eksterior, MC20 ini memiliki penampilan layaknya supercar pada umumnya yang aerodinamis dengan bagian moncong yang landai. Lampu utamanya berbentuk lonjong dengan 4 unit LED Daytime Running Lights dan lampu depan sudah menggunakan LED. Gril mobil hadir dengan dimensi yang cukup lebar dan desainnya membulat. Mobil dua pintu ini memggunakan pelek dengan motif sporty dan ban berukuran 20 inci. 

Logo khas Maserati juga terlihat pada pilar B tepat di samping pintu. Sementara itu untuk bagian belakangnya, terdapat lampu belakang LED dengan bentuk yang cukup apik dan memiliki grafik LED yang juga bagus. Kedua lampu belakang mengapit tulisan ‘MASERATI’. Sepasang knalpot yang akan mengeluarkan suara merdu khas supercar diletakkan di bagian tengah. Menariknya, kap mesin belakang hadir dengan motif Trident, logo Maserati. Pihak pabrikan mengumumkan bahwa coupe ini memiliki nilai hambatan udara sebesar Cd 0,38.

Sedangkan untuk bagian kabinnya, mobil ini mempunyai panel instrumen digital yang disajikan dalam layar sebesar 10 inci. Pada bagian kokpit tengah terdapat layar sentuh yang juga berukuran 10 inci. Konsol tengah MC20 dibalut oleh carbon fiber dan mempunyai fitur wireless charging untuk ponsel pintar dan tombol mode pengendaraan yang terdiri dari GT, Wet, Sport, Corsa, dan ESC Off. Bagian interior lainnya yang menggunakan carbon fiber adalah setir palang tiga. Elemen kabin menarik lainnya adalah pedal alloy, jok buatan Sabelt, dan sistem audio dari Sonus Faber. 

Mobil dengan pintu kupu-kupi ini memiliki sistem rem yang cukup mumpuni untuk menghentikan laju MC20 yang liar. Pada bagian depan terdapat piringan rem berventilasi dengan ukuran 380 mm dan 350 mm untuk bagian belakang. Konsumen juga bisa memilih sistem rem dimana piringan terbuat dari karbon keramik dengan ukuran 10 mm lebih besar, baik untuk bagian depan maupun bagian belakang. 

Pihak Maserati mengklaim bahwa mesin yang digendong oleh MC20 adalah murni buatan pabrikan Italia tersebut. Super coupe ini membawa mesin bensin V6 berkapasitas 3.000 cc dilengkapi dengan turbo kembar. Dapur pacunya hadir dengan sistem injeksi dual dan Pre-Chamber Combustion System yang terinspirasi dari mobil balap Formula 1 (F1). Tenaga yang disemburkan oleh jantung mekanis tersebut adalah 621 hp dan torsinya sebesar 730 Nm. Gearbox yang digunakan adalah kopling ganda ootmatis 8-percepatan. Untuk peformanya sendiri, MC20 2021 mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dari keadaan diam dalam waktu 2,9 detik dan memiliki kecepatan maksimal 325 km/jam. 

Tren mobil listrik juga berdampak pada varian MC20 ini. Pihak pabrikan mengumumkan bahwa mobil kencang ini juga akan mempunyai varian elektrik. Sayangnya, untuk spesifikasinya belum diumumkan. Rumor yang beredar hanya mengatakan bahwa peforma MC20 versi listrik ini mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dalam waktu 2,8 detik dan top speed-nya adalah 310 km/jam. Daya jelajahnya adalah sejauh 323 km.


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Otowheel
Otowheel
ZonaVanza
Zonavanza
Rider
Rider

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter