logo

bg-h4-whiteKolumnis


Sabtu, 28 Sep 2019 | 14:57

Evija 2020 Hypercar Pertama Dari Lotus. Bertenaga 1.973 HP.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Dari dulu Lotus sudah dikenal sebagai salah satu pembuat mobil sport terkemuka. Tapi beberapa tahun terakhir ini produsen mobil asal Inggris tersebut tampak melempem jarang meluncurkan mobil baru. Dan akhirnya Lotus memperkenalkan mobil barunya yang bernama Evija. Mobil ini bukanlah mobil sport seperti yang sudah mereka buat sebelumnya. Karena ini adalah hypercar. Ya, akhirnya Lotus ikut meramaikan segmen hypercar dengan tenaga penggerak motor listrik, ribuan tenaga kuda, harga sangat mahal, dan tentu saja jumlah produksi yang sangat terbatas.

Nama Evija sendiri (cara membacanya adalah ev-eye-a) memiliki arti 'the first in existence' atau dalam bahasa Indonesia ' yang pertama ada'. Tentu maksudnya adalah Evija adalah hypercar pertama dari Lotus. Dari sisi visual, Evija adalah pelopor dari bahasa desain baru yang kontemporer. Bagian depannya didominasi oleh front splitter ala pesawat terbang, fender yang menonjol, dan lampu utama yang ramping. Supplier untuk lampu utamanya Osram dan Lotus mengklaim bahwa mereka adalah pabrikan mobil pertama yang menggunakan teknologi laser untuk lampu utama dan lampu senja.

Kaca spion konvensional yang biasa ada di sisi kanan dan kiri, tampak absen. Ini dikarenakan sudah diganti dengan kamera kecil yang akan muncul ketika mobil dibuka. Semua gambar yang ditangkap oleh kamera akan ditampilkan melalui tiga layar berbeda. Bagian belakangnya terlihat sangat menarik berkat lampu belakang LED terinspirasi dari afterburner pesawat jet. Menariknya pada bagian ini juga terdapat tulisan 'LOTUS' yang dapat menyala dan berfungsi juga sebagai lampu mundur. Colokan listrik untuk mengisi ulang baterai terdapat pada bagian belakang.

Masuk ke dalam kabinnya, Anda akan disambut dengan desain bagian dalam yang futuristik. Beberapa materialnya terdapat carbon fiber dan konsol tengah yang terlihat melayang dengan tombol-tombol feedback haptic. Roda kemudi yang dibalut Alcantara hadir dengan desain tak kalah futuristik. Di belakangnya terdapat panel instrumen digital. 

Insinyur Lotus mengembangkan Evija agar bisa diajak bermain-main di dalam sirkuit secara maksimal dan berkendara di atas jalan raya dengan nyaman. Oleh karena itu mobil dua pintu ini dibekali dengan suspensi tiga unit peredam kumparan-katup adaptif untuk masing-masing roda. Untuk peleknya terdapat dua pilihan, yaitu 20 inci dan 21 inci yang terbuat dari magnesium dan dibungkus oleh ban buatan Pirelli model Trofeo R. Dan untuk menjinakkan laju Evija, insinyur Lotus membenamkan sistem pengereman AP Racing dengan piringan keramik karbon.

Mobil ini digerakkan oleh empat unit motor listrik bertenaga 1.973 hp dan torsi 1.700 Nm. Peformanya, mobil ini bisa mencapai kecepatan 100 km/jam dari keadaan diam dalam waktu tak lebih dari 3 detik. Sementara itu untuk kecepatan maksimalnya adalah 320 km/jam. Baterai yang digunakan adalah lithium-ion dan diletakkan di tengah dan mampu membawa mobil sejauh 400 km dalam sekali pengisian baterai sampai penuh. Untuk pengisian baterainya bisa mencapai 18 menit sampai dengan full. Dan baterai ini mampu mencapai 80% saat diisi ulang dalam waktu 12 menit. Menariknya, jika nanti daya pengisiang ulang bisa mencapai 800 kW, maka Evija bisa di-charge sampai penuh hanya dalam waktu 9 menit. 

Photos: Carscoops


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Dhika
Dhika
Rider
Rider
Mr. OtoMen
Mr. Otome
Otowheel
Otowheel

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter