logo

bg-h4-whiteKolumnis


Sabtu, 14 Apr 2018 | 22:28

Lexus UX 2019 Penuhi Segmen Crossover Mewah Berukuran Kecil

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Segemen crossover kompak saat ini terlihat sangat menggiurkan jika kita melihat dari kacamata perusahaan mobil. Tak hanya compact crossover biasa, tapi juga yang termasuk golongan mobil mewah. Lihat saja ada Acura CDX, Audi Q3, BMW X2, Infiniti QX30, sampai Mercedes GLA-Class. Hal ini yang membuat divisi mobil mewah Toyota, Lexus memutuskan untuk meramaikan segmen tersebut melalui mobil terbarunya, UX.

Mobil ini dikembangkan di atas platform Global Architecture-Compact (GA-C) yang juga digunakan oleh beberapa lineup Toyota, seperti Auris, Avensis, C-HR, Corolla, dan Prius. Ini juga menandakan bahwa UX merupakan model Lexus pertama yang menggunakan platform tersebut. Dan sesuai namanya mobil ini juga dibuat dengan basis Lexus UX Concept yang memulai debutnya pada Paris Motor Show 2016 silam. Tentu saja desainer Lexus tidak mentah-mentah meniru desain versi konsepnya karena terlalu aneh.

Anda tidak akan melihat garis desain yang asimetris atau lampu utama yang menyerupai wajah alien. Gril spindle khas Lexus masa kini masih menghiasi wajah compact luxury crossover ini. Lampu utama LED-nya ditemani oleh LED Daytime Running Lights yang membentuk huruf 'L' dan diposisikan di atas lampu utama. Agar terlihat lebih gagah, Lexus menggunakan plastic cladding khas crossover jadi-jadian yang hanya berpenggerak dua roda (Lexus UX hadir dengan penggerak semua roda). Lampu LED belakang terlihat keren memanjang dari sisi kanan sampai kiri. Sayangnya, secara keseluruhan desain eksterior Lexus UX ini tampak kurang mewah apalagi jika dibandingkan dengan rival-rivalnya yang berasal dari Eropa.

Dimensi panjang mobil ini mencapai 4.495 mm dan jarak sumbu roadanya adalah 2.640 mm. Agar semakin lincah dalam menaklukan kondisi lalu-lintas kota yang padat, UX hadir dengan radius putar sebesar 5,2 meter. Crossover ini sudah dilengkapi dengan electric power steering yang bekerja sama dengan suspensi MacPherson untuk bagian depan dan double wishbone pada bagian belakang.

Jika Anda menyukai mobil dengan penampilan yang sporty, pihak Lexus juga menyediakan pilihan paket F Sport. Pada seri UX ini varian F Sport tidak hanya tampil lebih sporty luar dan dalam, tapi juga dibenamkna suspensi sport, Adaptive Variable Suspension dan Active Sound Control.

Untuk pilihan mesinnya, Lexus menawarkan dua pilihan. Pilihan pertama adalah UX200 yang bermesin 4 silinder dengan kubikasi 2.000 cc bertenaga 168 hp dan dipasangkan dengan transmisi CVT. Jika Anda pecinta lingkungan bisa memilih UX250h yang sudah dilengkapi dengan sistem hybrid terbaru dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 176 hp. Untuk varian hybrid memiliki penggerak semua roda dan motor listriknya diletakkan di as roda belakang.

Lexus UX 2019 rencananya akan masuk jalur produksi pada musim gugur tahun ini.


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


Rilis
Rilis
ARIPITSTOP
Aripitsto
Elang
Elang
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Mr. OtoMen
Mr. Otome
SW218
Sw218
Otowheel
Otowheel

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter