logo

bg-h4-whiteKolumnis


Minggu, 21 Jun 2020 | 19:50

Lexus IS 2021 Hadir dengan Mesin Baru. Mesin Tidak Berubah.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Berbicara mengenai sedan kompak mewah, maka yang teringat adalah Audi A4, BMW Seri 3, Mercedes C-Class, dan Volvo S/V60. Padahal ada satu mobil juga yang sebenarnya patut diperhitungkan, yakni Lexus IS. Tapi sayangnya, sepertinya sampai saat ini mobil keluaran divisi mobil mewah Toyota tersebut belum mampu mendapat perhatian dari konsumen dunia.

Dan Lexus ingin hal tersebut berubah melalui penyegaran pada IS. Tentu bukanlah pekerjaan yang mudah karena IS 2021 harus bermodalkan sesuatu yang ‘wah’ untuk mengalah rival-rivalnya yang sudah legendaris tersebut. 

Dari segi desain eksterior, IS baru ini terlihat lebih agresif dan sporty. Tim desainer Lexus mempertahankan gril spindle yang menjadi ciri khas pabrikan ini. Lampu utamanya terlihat lebih besar dibanding generasi terdahulu. Pihak Lexus menyediakan fitur Triple-Beam LED untuk lampu utama sebagai opsional. Kini LED Daytime Running Lights-nya menjadi satu dengan lampu utama dan berbentuk menyerupai tanda checklist. 

Dari samping terlihat garis pahatan yang tegas yang ada pada bagian bawah yang ‘mengalir’ ke atas dan berakhir di pintu belakang. Sebagai kelengkapan standar, IS hadir dengan pelek berukuran 18 inci. Tapi jika konsumen memilih varian F Sport akan mendapatkan pelek BBS berukuran 19 inci. Lexus juga latah mengikuti tren saat ini yang berupa lampu belakang yang menyambung antara sisi kanan dan sisi kiri. 

Insinyur Lexus melakukan update pada suspensi mobil untuk memberikan rasa mobil yang lebih sporty. Hasilnya, IS facelift ini menggunakan coil spring yang lebih ringan 20%, A-arms baru yang lebih ringan 18%, dan stabilizer yang lebih ringan 17%. 

Masuk ke bagian dalamnya, jangan berharap aka nada banyak perubahan. Karena pihak Lexus hanya berkosentrasi pada penambahan fitur dibandingkan merombak penampilan kabin sedan kompak empat pintu ini. Panel instrumennya belum mengadopsi full digital seperti para rivalnya. Pada bagian kokpit tengah terdapat layar sentuh berukuran 8 inci hadir sebagai kelengkapan standar yang akan menampilkan berbagai fitur multimedia, termasuk Amazon Alexa, Android Auto, dan Apple CarPlay. 

Sistem keselamatan yang dibenamkan adalah Lexus Safety System+ 2.5 yang merupakan sistem keselamatan aktif, seperti Automatic Emergency Braking dengan Pedestrian & Bicyclist Detection, Pre-Collision Warning System, dan lain sebagainya. Untuk sistem keselamatan opsional yang bisa dipilih konsumen, yakni Adaptive Cruise Control dengan fungsi Stop & Go, Road Sign Assist, dan Lane Departure Alert dengan Lane Centering Technology. 


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Rider
Rider
ZonaVanza
Zonavanza
Otowheel
Otowheel

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter