logo

bg-h4-whiteKolumnis


Sabtu, 28 Nov 2020 | 14:48

Lamborghini Huracan STO 2021. Mobil Balap yang Legal untuk Jalan Raya.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Lamborghini beberapa waktu lalu memperkenalkan varian baru untuk Huracan. Tentu ini bukanlah varian biasa karena dikembangkan dengan basis Huracan yang digunakan untuk kompetisi. Ya, Huracan STO 2021 ini merupakan versi downspec dari Huracan versi balap sehingga bisa digunakan secara legal di jalan raya dunia. Tentu ada beberapa spesifikasi atau bagian yang dihilangkan atau diganti agar mobil ini sesuai dengan regulasi mobil jalan raya.

Pihak Lamborghini mengambil inspirasi dari Huracán Squadra Crose dalam memaksimalkan aerodinamika STO ini. Pada bagian depan terdapat front splitter baru yang langsung mengarahkan aliran udara ke bagian bawah mobil dan diffuser belakang. Aksen berwarna orange terlihat pada beberapa bagian body mobil, seperti bumper depan, side skirt, bumper belakang, sampai spoiler. Pada bagian samping terlihat tulisan ‘STO’ untuk menegaskan bahwa ini bukanlah Huracán biasa. 

https://www.carscoops.com/wp-content/uploads/2020/11/lamborghini-huracan-sto-official-43.jpg

Masuk ke dalam interior, terdapat banyak bagian yang terbuat dari carbon fiber, termasuk jok, karpet, panel pintu, dan sabuk pengaman dengan 4 titik. Beberapa bagian kabin dibalut dengan Alcantara dengan Carbonskin hasil pengembangan Lamborghini. Di belakang roda kemudi terdapat panel instrumen yang hadir dengan grafik baru dan sudah terkoneksi dengan sistem telemetri secara penuh untuk melakukan monitor dan merekam peforma pengemudi di sirkuit.

Mobil dua pintu ini diklaim memiliki nilai downforce paling tinggi dikelasnya. Jika dibandingkan dengan Huracán Peformante, varian baru ini memiliki aliran udara yang lebih baik 37% dan dan downforce lebih baik 53%. Selain itu, konsumen STO ini akan mendapatkan suspensi yang lebih kaku, setir yang lebih tajam, ada sistem rear wheel steering, dan perbaikan pada suara mesin yang lebih ‘merdu’.

https://www.carscoops.com/wp-content/uploads/2020/11/lamborghini-huracan-sto-official-15.jpg

Tim insinyur Lamborghini menambahkan 3 mode pengendaraan khusus untuk Huracán STO ini, yakni STO, Trofeo, dan Pioggia. Mode STO berguna untuk pengendaraan di jalan raya biasa, sementara itu untuk Trofeo berfokus pada memberikan pengemudi peforma baik sesuai kebutuhan untuk meraih waktu tercepat di sebuah sirkuit. Lalu mode pengendaarn yang terakhir, Pioggia berarti hujan. Jika mode ini diaktifkan maka sistem akan memberikan optimalisasi untuk Traction Control System, torque vectoring, dan ABS sehingga pengemudi bisa mengendalikan mobil dengan baik di atas jalanan basah.

Huracán STO 2021 ini masih mengandalkan jeroan bensin V10 berkapasitas 5.200 cc naturally aspirated alias tanpa turbo menghasilkan tenaga 631 hp dan torsi 565 Nm. Untuk peformanya, coupe ini mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dari keadaan diam dalam waktu 3 detikLalu untuk mencapai kecepatan 200 km/jam membutuhkan waktu 9 detik. Sedangkan untuk kecepatan maksimalnya adalah 310 km/jam. 

Photos: Carscoops


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Otowheel
Otowheel
ZonaVanza
Zonavanza
Rider
Rider

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter