logo

bg-h4-whiteKolumnis


Sabtu, 15 Dec 2018 | 09:57

Geely Jia Ji 2019. MPV Pertama dan Calon Generasi Penerus Proton Exora.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Bisa diakui untuk urusan desain eksterior, dari sekian banyak pabrikan mobil asal Cina Geely-lah yang terbaik. Bentuknya orisinal dan tidak mecontek dari pabrikan lain. Varian-varian yang ditawarkan oleh pabrikan yang berkantor pusat di kota Hangzhou, Propinsi Zhejiang ini cukup beragam dari crossover, SUV, sampai sedan. Dan kalau Anda berkomentar bahwa Geely tidak mau mengembangkan mobil MPV, maka Anda salah besar.

Karena baru-baru ini Geely memperkenalkan Jia Ji sebagai MPV pertama mereka. Dilihat dari bagian luar, Jia Ji bisa dibilang memiliki wajah yang keren. Mungkin salah satu MPV terkeren saat ini. Didesain oleh tim desainer Geely di Shanghai, Jia Ji hadir dengan bahasa desain terbaru, ‘Racing Through Space and Time’ yang sebelumnya juga digunakan pada Bo Rui dan Bin Yue. Bahasa desain tersebut hadir dengan lampu utama yang mirip dengan sebuah meteor dan gril cosmos. Menariknya, desainer Geely menambahkan pilar D yang mengambang sehingga Jia Ji terlihat lebih atraktif.

Untuk akomodasi penumpang, pihak Geely menawarkan tiga pilihan konfigurasi yang bisa dipilih oleh konsumen, yaitu 2+2+2, 2+2+3, dan 2+3+2. Tujuannya agar Jia Ji dapat memenuhi kebutuhan konsumen untuk perjalanan keluarga atau teman, perjalanan bisnis, atau kebutuhan lainnya. Menurut pihak Geely, interior mobil MPV ini dikembangkan dengan driver-oriented. Selain itu desain kabin Jia Ji terlihat minimalis. Pada bagian kokpit tengah terdapat layar berukuran 12,3 inci. Konsol tengah dibuat bertingkat sehingga menambahkan jumlah tempat penyimpanan.

Dapur pacunya mengandalkan mesin hasil kerja bareng dengan Volvo, yakni 1.500 cc turbocharged dan dipasangkan dengan sistem mild-hybrid 48 Volt dan plug-in hybrid. Untuk varian 1.500 cc dengan sistem mild-hybrid mampu memuntahkan tenaga sebesar 188 hp dan torsi sebesar 300 Nm. Sementara itu untuk tipe plug-in hybrid dilengkapi dengan baterai berkekuatan 11,3 kWh. Tenaga yang dihasilkan adalah sebesar 255 hp dan torsi 385 Nm. Transmisi yang digunakan adalah otomatis kopling ganda 7-percepatan.

Pihak Geely juga menyediakan pilihan mesin bensin biasa berkapasitas 1.800 cc dilengkapi dengan turbocharged sehingga mampu menyemburkan tenaga 181 hp dan torsi sebesar 300 Nm. Mesin tersebut dipasangkan dengan transmisi otomatis 6-percepatan.

Geely Jia Ji 2019 rencananya mulai dijual di Cina pada awal 2019 mendatang. Dan bukan tidak mungkin akan di re-badge menjadi Proton Exora dikemudian hari.

 


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Otowheel
Otowheel
ZonaVanza
Zonavanza
Rider
Rider

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter