logo

bg-h4-whiteKolumnis


Minggu, 09 Dec 2018 | 21:03

Geely Bin Yue 2019 Memiliki Interior ala Star Wars. Siap Menghadang Honda HR-V.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Salah satu produsen mobil terkemuka asal Cina, Geely, baru saja memperkenalkan compact crossover pertama mereka, Bin Yue. Ini merupakan crossover pertama yang dikembangkan di atas platform terbaru Geely, BMA.

Desain eksterior Bin Yue ini terlihat funky dan gagah karena anak-anak mudah dan orang berjiwa muda yang disasar oleh Geely dalam mengembangkan mobil ini. Empat unit lampu utamanya ditemani oleh LED Daytime Running Lights yang membentuk huruf L. Pahatan garis tegas pada bumper depan membuat Bin Yue ini terlihat sporty. Gril khas mobil-mobil Geely masa kini, Cosmos, juga diaplikasikan dengan aksen merah dan silver.

Layaknya crossover lainnya, mobil ini juga hadir dengan body plastic cladding berwarna hitam. Hal yang menarik adalah hadirnya floating roof pada pilar D dan atap yang dilabur warna berbeda dengan warna badan mobil. Kesan sporty terlihat sangat kental pada bagian belakang. Desainer Geely menghadirkan spoiler pada atap dan empat unit knalpot berlapiskan krom. Sementara kesan elegan terlihat dari strip krom yang melintang dari sisi kanan sampai kiri dan ‘menembus’ lampu belakang. Untuk urusan dimensi, Bin Yue memiliki panjang 4.330 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.609 mm. Sedangkan untuk jarak sumbu rodanya mencapai 2.600 mm.

Jika desain eksterior Bin Yue terlihat bagus dan menarik, bagaimana dengan kabinnya? Menurut pihak Geely banyak bagian pada interior crossover kompak ini yang terinspirasi dari pesawat jet dan film Star Wars. Secara keseluruhan bagian dalam Bin Yue terlihat berkelas dan keren. Panel instrumennya sudah mengandalkan digital. Pada bagian kokpit tengah terlihat bersih dari tombol-tombol pengoperasian dan hanya terdapat layar berukuran 10,25 inci yang akan menampilkan berbagai fitur hiburan. Setir palang tiganya sudah dibungkus dengan kulit dan beberapa bagian dibeirkan aksen krom dan matte metal.

Mengikuti tren masa kini, insinyur Geely membenamkan sistem otonom level 2 yang menggunakan kamera high-definition dan gelombang radar ketika diaktifkan oleh pengemudi. Dengan sistem canggih tersebut, compact crossover ini mampu mengikuti arus lalu-lintas hingga kecepatan 150 km/jam dan dapat berpindah jalur secara otomatis. Sistem keselamatan yang disematkan antara lain automatic parking system, automatic emergency braking dengan pedestrian recognition dan a blind spot warning system. Dan untuk fitur-fitur menarik yang dibenamkan adalah teknologi pengenal suara, konektivitas 4G, Wi Fi, dan update perangkat lunak dengan metode over-the-air.

Untuk mesinnya, Bin Yue mempunyai dua pilihan. Pilihan pertama adalah 1.000 cc dilengkapi dengan turbocharged sehingga mampu menghasilkan tenaga 134 hp dan torsi 205 Nm. Jantung mekanis tersebut mempunyai angka konsumsi bahan bakar 18,9 km/liter dan transmisi yang digunakan adalah manual 6-percepatan. Pilihan kedua adalah dapur pacu hasil kerja sama dengan Volvo yang berkubikasi 1.500 cc turbocharged mampu menyemburkan tenaga 174 hp dan torsi sebesar 255 Nm. Konsumsi bahan bakarnya mencapau angka 16,4 km/liter dan transmisinya adalah kopling ganda otomatis 7-percepatan.


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


Rilis
Rilis
ARIPITSTOP
Aripitsto
Elang
Elang
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Mr. OtoMen
Mr. Otome
Otowheel
Otowheel
SW218
Sw218

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter