logo

bg-h4-whiteKolumnis


Minggu, 02 Dec 2018 | 21:37

GAC 2+X Concept. Mobil Masa Depan Warga Perkotaan.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Kini 80% kendaraan yang beredar di dunia sudah sesuai dengan kebutuhan pemiliknya. Tapi ada sisa 20% dimana pemilik kendaraan merasa tidak sesuai apa yang mereka inginkan selama ini. Itu adalah pernyataan dari Zhang Fan, selaku Vice President and Head of Design untuk GAC (Guangzhou Automobile Group Co) Automotive Research and Development Center. Nah, ‘kue’ yang 20% itulah yang dijadikan patokan GAC dalam mengembangkan mobil konsep terbarunya yang diberi nama 2+X.

Jika dilihat dari wujudnya ini diperuntukkan penggunaan dalam kota. Zhang Fan mengatakan bahwa mobil konsep ini hanya untuk dua orang, memiliki panjang 1,97 meter, dan bertenaga listrik dengan jarak tempuh sekitar 50 sampai 80 kilometer. GAC 2+X Concept ini memiliki tiga varian dengan sasaran konsumen dan fitur yang berbeda. Tapi ketiga mobil konsep ini memiliki hal yang sama, yaitu pintu model gunting dan panel instrumen yang sama.

Varian pertama 2+X adalah 2U yang diperuntukkan untuk wanita muda yang masih lajang. Sesuai dengan konsumen yang disasar, mobil kecil ini dilabur warna merah. Memasuki kabin, maka akan terlihat sepasang jok dengan warna merah dan putih. Desainer GAC memasukkan unsur feminine berupa aksen dashboard yang berwarna Rose Gold dan kain yang halus. Menariknya, antara jok pengemudi dan penumpang memiliki desain yang berbeda. Kursi untuk pengemudi didesain menyerupai sebuah kursi takhta kerajaan, sementara jok penumpang memiliki bentuk layaknya bangku biasa. Antara jok pengemudi dan penumpang menempel tanpa ada jarak sama sekali sehingga pengemudi dan penumpang bisa berinteraksi lebih dekat.

Pada bagian bagasi terdapat boks untuk keperluan sehari-hari, seperti botol minum, tas gym, dan headphone. Dan di depan jok penumpang juga terdapat sebuah tas berwarna putih yang berfungsi untuk menyimpan sepasang sepatu.

Tipe kedua adalah 2ALL. Mobil konsep ini berfungsi sebagai layanan ride-sharing masa depan. Berbeda dengan 2U yang bernuansa ceria dan girly, maka 2ALL terlihat lebih ‘serius’ dengan warna perpaduan abu-abu dan hitam. Mobil konsep ini hadir dengan material yang lebih tahan lama. Hal yang istimewa dari mobil ini adalah berlimpahnya tempat penyimpanan. Jika Anda membawa tas kecil, cukup buka jok dan terdapat sebuah tempat penyimpanan berukuran kompak. Di belakang jok terdapat juga bagasi yang mampu memuat dua unit koper. Jika Anda membawa koper berukuran 28 inci bisa disimpan di bagasi bagian depan yang berukuran lebih besar.

Dan yang terakhir adalah 2US yang khusus dibuat untuk kaum lansia yang tinggal di kota besar. Menurut Zhang Fan, biasanya kaum lansia tidak membutuhkan kendaraan yang berdimensi besar dan bertenaga besar. Mereka membutuhkan mobil yang nyaman dan berkualitas tinggi. 2US ini diklaim sebagai kendaraan yang nyaman dengan sentuhan ergonomis, dan memiliki nuansa yang sehat. Kedua jok mobil dapat berputar sehingga memudahkan akses keluar dan masuk. Kursi penumpang dapat direbahkan sedemikian rupa sehingga bisa digunakan untuk tidur dengan nyaman.


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


Rilis
Rilis
ARIPITSTOP
Aripitsto
Elang
Elang
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Mr. OtoMen
Mr. Otome
Otowheel
Otowheel
SW218
Sw218

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter