logo

bg-h4-whiteKolumnis


Selasa, 20 Nov 2018 | 11:35

Changan CS85 2019. SUV-Coupe Pertama dari Timur Jauh

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Wabah SUV yang ‘dikawinkan’ dengan coupe juga mewabah sampai di Negeri Cina. Baru-baru ini produsen mobil asal Negara Tirai Bambu tersebut, Changan, memperkenalkan SUV-coupe pertama mereka yang bernama CS85. Tentu ini merupakan alternatif dari SUV-coupe keluaran Audi, BMW, dan Mercedes yang harganya tidak murah. Dan berarti ini akan menjadi rival dari Renault Arkana jika dipasarkan di sana tahun depan.

Dari sisi styling eksterior, mobil ini hadir dengan desain yang cukup baik. Bagian depannya terdapat lampu utama yang sudah full LED dan dilengkapi dengan LED Daytime Running Lights berbentuk huruf L dan menyatu dengan lampu sein layaknya mobil-mobil Eropa masa kini.  Aksen krom di dekat gril yang bentuknya menyerupai huruf Y malah mengingatkan saya pada Mitsubishi Outlander generasi terakhir.

Dari bagian samping garis body mobil terlihat ‘bersih’ meskipun pilar C dan bagasinya terlihat mirip dengan BMW X4. Bentuk lampu belakangnya juga sekilas mirip dengan X4. Tapi desainer Changan memberikan garis-garis yang lebih tegas. Untuk menambah kesan gagah dan sporty, Changan menambahkan plastic cladding di sekujur badan CS85 dan menggunakan empat unit knalpot beraksen krom.

Beralih masuk ke kabinnya. Layaknya mobil masa kini, CS85 juga sudah dilengkapi dengan panel instrumen digital yang ditampilkan melalui layar berukuran 10,2 inci. Pada kokpit tengah terdapat layar LCD berukuran 12,3 inci yang menampilkan sistem hiburan. Menariknya pada konsol tengah Changan menghadirkan layar sentuh climate control. Sayangnya pada interior CS85 masih terdapat material yang menggunakan plastik murah, seperti bagian bawah dashboard dan konsol tengah. Kekurangan tersebut ditutupi dengan adanya beberapa bagian yang dilapisi oleh kulit, seperti panel pintu, jok, dan bagian atas dashboard.

Untuk tenaga penggeraknya, insinyur Changan membenamkan mesin bensin berkapasitas 1.500 cc dilengkapi dengan turbo sehingga mampu menghasilkan tenaga 178 hp. Pilihan dapur pacu kedua adalah 2.000 cc bensin turbo mampu menyemburkan tenaga 233 hp. Kedua jantung mekanis tersebut dipasangkan dengan transmisi otomatis 8-percepatan buatan Aisin. Kabarnya CS85 versi plug-in hybrid akan segera diperkenalkan.

Jangan berharap Changan CS85 2019 ini akan menjadi produk global karena sampai sekarang pihak pabrikan hanya menjualnya untuk pasar Cina. Rencananya mobil ini akan mulai dijual awal tahun depan.


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


Rilis
Rilis
ARIPITSTOP
Aripitsto
Elang
Elang
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Mr. OtoMen
Mr. Otome
Otowheel
Otowheel
SW218
Sw218

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter