logo

bg-h4-whiteKolumnis


Minggu, 27 May 2018 | 16:11

Changan CS75 2019. Compact SUV yang Bisa Parkir Sendiri

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Mungkin mendengar merk mobil Changan masih terdengar sangat asing bagi orang Indonesia. Pabrikan mobil asal Cina ini bukanlah pemain baru di sana. Bahkan perusahaan adalah yang pertama membuat dan memproduksi mobil secara mandiri pada tahun 1959. Selain itu juga mereka telah menjalin kerjasama dengan beberapa pabrikan mobil terkemuka, seperti Ford, PSA Group, dan Suzuki untuk memproduksi mobil di negeri Tirai Bambu tersebut.

Produk yang baru saja diperkenalkan adalah CS75. Changan CS75 adalah compact SUV yang ditugaskan untuk melawan Honda CR-V, Chevrolet Captiva, dan Toyota RAV4. Tentu pihak Changan harus memoles SUV andalannya ini secara apik agar mampu menahan laju para rival-rivalnya yang sudah lama malang melintang didunia persilatan SUV kompak.

Pihak pabrikan mengatakan bahwa ini bukanlah CS75 generasi kedua, melainkan facelift dari model yang sudah ada di pasaran Cina sejak tahun 2013 lalu. Walaupun berstatus penyegaran, tapi sepertinya Changan tak mau tanggung-tanggung dalam mengembangkannya.

Lihat saja bagian eksteriornya terlihat berubah total. Pada bagian gril tulisan ‘CHANGAN’ diganti dengan logo pabrikan berupa huruf ‘V’ dengan warna latar belakang biru. Untuk menambah kesan mewah desainer Changan memberikan aksen krom pada gril. Lampu utama kini sudah diganti dengan LED setelah sebelumnya menggunakan Xenon. Lampu LED Daytime Running Lights juga kini hadir pada model facelift ini. Bumper depan juga mendapatkan revisi agar mobil terlihat lebih gagah dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Mengikuti tren saat ini, pihak pabrikan juga mengaplikasikan pelek two-tone dengan desain yang elegan. Dan untuk bagian belakangnya sepertinya terinspirasi dari line up Lincoln baru dengan lampu yang terintegrasi menjadi satu. Karena ini adalah facelift, jadi untuk urusan dimensi mobil ini tak mengalami perubahan sama sekali. Untuk panjangnya adalah 4.648 mm, lebar 1.849 mm, tinggi 1.694 mm, dan jarak sumbu roda 2.700 mm.

Sama halnya dengan bagian eksterior, bagian dalam CS75 juga mengalami perubahan yang siginifikan. Desainer Changan mengadopsi desain kabin dari model lainnya, Raeton CC. Pihak pabrikan telah melakukan peningkatan untuk urusan kualitas material interior. Pada bagian kokpit tengah terdapat layar berukruan 10,25 inci dengan resolusi 1920 x 720 yang akan menampilkan sistem infotainment. Anda tak akan melihat lagi panel instrument konvensional dengan tampilan analog karena telah digantikan dengan tampilan digital dengan layar berukuran 10,25 inci.  

Fitur yang dibenamkan cukup menarik. Salah satunya adalah APA 4.0 yang memungkinkan mobil mencari tempat parkir secara otomatis, dan memarkir sendiri tanpa ada bantuan dari pengemudi. Ketika ingin keluar dari tempat parkir, CS75 ini juga bisa berjalan sendiri. Fitur lainnya adalah adaptive cruise control yang bisa diaktifkan melalui perintah suara dan Anda bisa memberikan berapa kecepatan maksimum yang bisa dijalankan oleh sistem,    Trigger and automatic emergency recording yang akan secara otomatis merekam kejadian ketika CS75 Anda dicuri. Hasil rekaman dengan durasi 15 detik akan tersimpan aman.


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Otowheel
Otowheel
ZonaVanza
Zonavanza
Rider
Rider

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter