logo

bg-h4-whiteKolumnis


Minggu, 20 May 2018 | 21:59

Chery Tiggo 8 2019. Calon Penantang Fortuner & Pajero Sport

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Apa Anda masih ingat dengan brand mobil asal Cina, Chery? Pada beberapa tahun lalu Chery sempat mewarnai jalanan Indonesia dengan city car andalannya, QQ, dan SUV kompak, Tiggo. Sayangnya, pada tahun 2011 Indomobil sebagai induk Chery di Indonesia memutuskan untuk menghentikan penjualannya di Tanah Air. Pada tahun 2012 kembali aktif berjualan di Indonesia di bawah APM baru. Tapi sayang kiprahnya sepertinya melempem kurang promosi.  

 Padahal di negara asalnya, Chery memiliki line up yang beragam dari SUV, city car, sampai sedan. Model terbaru yang baru saja mereka luncurkan adalah Tiggo 8. Ini adalah SUV berukuran medium tujuh penumpang yang memiliki dimensi yang tak berbeda jauh dengan Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner. SUV ini memiliki panjang 4.700 mm, lebar 1.860 mm, tinggi 1.746 mm, dan jarak sumbu roda 2.710 mm.

Anda tak akan menemukan kemiripan desain dari Tiggo 8 dengan mobil merk lain. Ya, Chery Tiggo 8 ini hadir dengan desain yang original dan terlihat apik. Bagian depannya memiliki lampu utama LED dengan sudut tajam memperlihatkan Bahasa desain Tiger Cub terbaru. Untuk menambah kesan mewah desainer Chery menambahkan ornamen garis horizontal beraksen krom melintasi gril super besar dengan motif dot matrix. Sementara lampu LED Daytime Running Lights ditempatkan pada bumper depan terpisah dari lampu utama. Lampu belakangnya terlihat melintang dari sisi kanan sampai kiri hanya dibatasi dengan emblem Chery.

Kesan mobil Eropa langsung menyergap Anda begitu memasuki interior Tiggo 8 ini. Bagian dalam mobil ini terlihat mewah dan minimalis. Tombol-tombol pengoperasian dipangkas agar tidak terlihat rumit. Layar berukuran 9 inci pada kokpit tengah bertugas menampilkan sistem hiburan dan dibelakang setir terdapat panel instrumen berukuran 7 inci. Seperti yang sudah diinformasikan sebelumnya, mid-size SUV ini mampu menampung tujuh penumpang dengan konfigurasi 5+2. Menariknya, terdapat 12 kombinasi penyimpanan dengan cara melipat jok penumpang. Untuk menambah kepraktisan, pihak Chery menyediakan tempat penyimpanan sebanyak 44 unit.

Fitur-fitur yang dibenamkan oleh insinyur Chery cukup beragam, mulai dari Zhiyun Interconnect yang merupakan satu paket layanan informasi online, konektivitas 4G yang sangat kencang, sistem pengenal suara untuk mengaktifkan atau mematikan fitur yang bisa mengerti sampai dengan 32 dialek, Remote Control yang memungkinkan Anda untuk mengontrol kendaraan dari jauh melalui ponsel (termasuk menyalakan mesin mobil), dan masih banyak lagi.

Untuk mesinnya, SUV kelas menengah ini mengandalkan unit berkapasitas 1.500 cc 4 silinder turbocharged yang juga digunakan oleh mobil-mobil Chery lainnya. Tenaga yang dihasilkan adalah 147 hp dan dipasangkan dengan transmisi manual 6-percepatan atau otomatis kopling ganda 6-percepatan. Sayang, hanya terdapat satu pilihan mesin sampai saat ini. Tentu dengan tenaga hanya 147 hp, bisa dipastikan akan kalah jauh dengan Fortuner dan Pajero Sport.


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


Rilis
Rilis
ARIPITSTOP
Aripitsto
Elang
Elang
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Mr. OtoMen
Mr. Otome
Otowheel
Otowheel
SW218
Sw218

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter