logo

bg-h4-whiteKolumnis


Selasa, 15 May 2018 | 23:04

BYD Tang 2019 Hadir dengan Bahasa Desain Terbaru, Dragon Face

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Tren mobil ramah lingkungan juga merambah perusahaan mobil Cina. Ya, hampir semua pabrikan mobil asal Negeri Tirai Bambu tersebut berlomba meluncurkan mobil dengan emisi rendah, seperti hybrid, plug-in hybrid, sampai yang terkini kendaraan listrik. Salah satunya adalah BYD. Produsen mobil yang berpusat di kota Xi'an ini baru saja memperkenalkan generasti terbaru dari Tang.

BYD Tang adalah sebuah compact crossover yang mempunyai sistem plug-in hybrid. Mobil yang sudah memasuki generasi kedua ini dipersenjatai oleh mesin bensin berkapasitas 2.000 cc 4 silinder turbocharged mampu menghasilkan tenaga sebesar 202 hp dengan torsi 302 Nm. Jantung mekanis tersebut ditemani oleh sepesang motor listrik yang masing-masing bertenaga 150 hp dan torsi 250 Nm. Jadi total tenaga yang bisa dilontarkan oleh Tang terbaru ini mencapai 502 hp dan torsi sebesar 802 Nm.

Mobil dengan penggerak semua roda ini memiliki transmisi otomatis kopling ganda dengan 6-percepatan. Baterai yang diberdayakan memiliki kapasitas 18 kWh. Untuk peformanya, crossover kompak ini mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dalam waktu 4,5 detik. Dan jika Anda mengaktifkan mode elektrik ketika berkendara, maka jarak tempuh yang bisa dicapai adalah 80 km. Hal yang patut disayangkan karena pada generasi terdahulu, juga mempunyai angka yang sama untuk jarak tempuh dengan model elektrik alias tidak ada perkembangan.

Tutuplah kap mesin dan pandangilah eksterior BYD Tang terbaru ini. Jika dibandingkan dengan generasi pertama, crossover ini mempunyai wajah jauh lebih baik. Tidak ada lagi wajah culun dan bentuk yang menyerupai Lexus RX. Semua itu berganti dengan bentuk yang gagah dan maskulin. Tang baru ini juga menganut bahasa desain terbaru BYD, yakni Dragon Face. Tak heran jika bagian depannya juga terlihat agresif dengan enam unit lampu utama LED. Desainer BYD juga menyelipkan LED Daytime Running Lights yang menjadi satu dengan lampu sein layaknya mobil Eropa masa kini. Menariknya lampu sein ini menyala dengan model sekuensial ala Audi dan Lexus.

Mobil ramah lingkungan ini juga mengadopsi tren desain pada dunia otomotif saat ini, yaitu floating roof pada pilar D. Bagian belakangnnya terdapat lampu LED yang memanjang dari sisi kanan sampai kiri tanpa jeda. Bentuk seperti ini mengingatkan saya pada Dodge Charger generasi terakhir. Hal menarik lainnya adalah tidak ada logo khas BYD pada bagian belakang karena digantikan dengan tulisan 'Build Your Dream' yang merupakan kepanjangan dari BYD itu sendiri. Secara keseluruhan desain eksterior Tang baru jauh lebih baik. Dan ini merupakan hasil jerih payah dari Wolfgang Egger yang merupakan direktur bagian desain BYD. Dulunya Egger adalah desainer di VW Group.

Memasuki kabin Tang akan membuat Anda merasa berada di dalam mobil Eropa. Semuanya tertata rapih dan kualitas materialnya juga baik. Pihak BYD berhasil meminimalisir kehadiran tombol-tombol pengoperasian yang banyak sehingga kabin terlihat 'bersih'. Pada kokpit tengah terdapat layar yang berfungsi untuk menampilkan sistem hiburan. Uniknya, layar tersebut dapat diputar 90 derajat.

Photos: Auto Industriya


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


Rilis
Rilis
ARIPITSTOP
Aripitsto
Elang
Elang
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Mr. OtoMen
Mr. Otome
Otowheel
Otowheel
SW218
Sw218

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter