logo

bg-h4-whiteKolumnis


Sabtu, 17 Mar 2018 | 21:51

Cupra Ateca 2019. SUV Kencang Pertama dari Spanyol

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Sebelum membahas mengenai mobilnya, ada baiknya saya memperkenalkan dulu brand mobil Cupra ini kepada pembaca. Cupra adalah varian kencang yang dikembangkan oleh produsen mobil asal Spanyol, SEAT. Ya, ini layaknya VW Polo GTi atau VW Golf GTi. Mobil SEAT pertama yang menawarkan tipe ini adalah compact hatchback Ibiza pada tahun 1996 dan disusul oleh Leon pada tahun 1998. Sampai sekarang hanya dua lineup itu saja yang mendapatkan varian kencang tersebut.

Cupra sendiri diluncurkan dalam rangka merayakan kemenangan SEAT dalam kejuaraan rally World Rally Championship (WRC) pada tahun 1996. Dan dalam rangka untuk memperluas range kendaraan yang akan ditawarkan dan agar lebih bebas berekspresi dalam mengembangkan mobil, maka SEAT ‘melepas’ Cupra menjadi brand yang terpisah.

Model pertama yang diperkenalkan adalah sebuah compact SUV bernama Ateca yang juga merupakan SUV pertama SEAT. Dan Cupra Ateca ini memulai debut dunianya pada pameran Geneva Motor Show 2018.  

Untuk mendukung tema sporty yang diusung, maka desainer Cupra melakukan beberapa penyesuaian pada elemen eksteriornya. Pada bagian depan grilnya sudah berganti motif menjadi sarang tawon. Logo ‘S’ khas SEAT sudah berganti dengan emblem Cupra. Bumper depan juga didesain ulang dan kini hadir dengan saluran udara yang berukuran besar. Terdapat tulisan ‘CUPRA’ pada bumper depan memberikan tanda bahwa ini bukanlah SEAT Ateca biasa.

Bagian belakang SUV yang hadir dengan pelek berukruan 19 inci ini mempunyai lampu LED yang diberi nuasansa gelap. Logo bertuliskan ‘CUPRA’ diletakkan di pintu bagasi. Untuk menambah kesan sporty, pihak Cupra menambahkan empat buah knalpot.

Bagian dalamnya didominasi oleh bahan Alcantara hitam yang dipadukan dengan cetakan jahitan berwarna abu-abu. Perbedaan lainnya dengan Ateca regular adalah pedal dengan aksen aluminium, setir palang tiga dengan bagian bawahnya yang datar, dan tentu saja logo ‘S’berganti dengan emblem terbaru Cupra.

Fitur-fitur standar yang ditawarkan jika Anda membeli SUV kencang ini adalah keyless entry, wireless charging untuk ponsel Anda, penguat sinyal ponsel GSM Anda, kamera 360 derajat, sistem infotainment yang akan ditampilkan melalui layar berukuran 8 inci yang diletakkan di kokpit tengah, panel instrumen digital, dan masih banyak lagi. Sasis SUV ini dilengkapi dengan suspensi adaptif yang bisa disesuaikan melalui mode Drive Profile. Mode pengendaraan tersebut mempunyai beberapa piliha, yakni Normal, Sport, Individual, Snow, Off-Road, dan Cupra.


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
ZonaVanza
Zonavanza
Rider
Rider
Otowheel
Otowheel

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter