logo

bg-h4-whiteKolumnis

Senin, 12 Feb 2018 | 19:24

RAM 1500 2019 untuk Anda yang Bosan dengan Crossover dan Sedan

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Sepertinya persaingan di segmen full-size truck di negara Amerika Serikat (AS) tahun ini semakin panas. Sang pemimpin, Ford F-150 yang juga dinobatkan sebagai mobil paling laris sepanjang masa di dunia harus bersiap menghadapi dua rivalnya yang tahun ini hadir dengan generasi terbaru. Setelah sebelumnya saya membahas mengenai Chevrolet Silverado terbaru, maka kini giliran brand komersil FCA (Fiat Chrysler Automobile), RAM, yang unjuk gigi dengan truk terbaru mereka, 1500.

RAM 1500 terbaru ini sudah memasuki generasi kelima dan membawa sejumlah pembaruan dari semua aspek untuk memenangi pertarungan yang sengit dan mempertahankan sebagai salah satu mobil terlaris di AS. Pihak RAM juga menyasar pembeli baru dengan 1500 ini. Bahkan pihaknya mengatakan bahwa pikap truk ini juga diperuntukkan bagi Anda yang sudah bosan dengan crossover atau sedan.

Mungkin generasi terbaru 1500 ini bisa dibilang sebagai pickup truck paling ganteng dengan wajah barunya jika dibandingkan dengan F-150 dan Silverado sebagai musuh abadinya. Desainer RAM menanggalkan gril cross-hair yang menjadi ciri khas line up-nya selama ini dan menggantinya dengan gril bermotif garis-garis horizontal yang dilapisi krom dengan emblem ‘RAM’ pada bagian tengahnya. Lampu utamanya kini hadir dengan dimensi yang lebih kecil dan lampu LED Daytime Running Lights-nya sekarang membentuk huruf C.

Mobil ini tampak berotot berkat kap mesin yang menggembung. Lampu belakang tak banyak berubah. Pihak pabrikan hanya mengubah penempatan lampu rem, lampu sein, dan lampu mundur. Sayangnya, pihak RAM belum menyediakan foot step pada bumper belakang sehingga akan merepotkan And ajika ingin merapihkan barang bawaan yang diletakkan di bak.

Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, 1500 baru ini mempunyai bobot yang lebih ringan sekitar 102 kg. Untuk peforma menarik beban, pihak RAM mengklaim bahwa truk andalannya ini mempunyai kapasitas tarik hingga 5 ton. Sedangkan untuk kapasitas maksimum beban yang bisa kita letakkan di bak belakang adalah 1 ton.

Bagian kabinnya juga mengalami perombakan yang signifikan. Pihak produsen mengumumkan bahwa pikap bongsor ini memiliki interior yang lebih luas, lebih ergonomis, dan memiliki fitur-fitur yang lebih banyak. Hal menarik yang perlu diperhatikan ketika memasuki kabin 1500 baru ini adalah layar berukuran 12 inci pada kokpit tengah. Layar tersebut akan menampilkan sistem infotainment, navigasi, dan sudah kompatibel dengan Android Auto dan Apple CarPlay. Selain itu Anda tak akan lagi menemukan tuas transmisi di samping kanan setir. Karena insinyur RAM sudah mengubahnya menjadi sebuah kenob layaknya mobil mewah masa kini.

Jika Anda tertarik dengan mobil ini, pihak RAM menyediakan banyak opsi. Untuk variannya sendiri ada 6 pilihan, lalu ada 12 jenis warna eksterior yang bisa dipilih, 15 desain untuk pelek mobil, tiga model cab, dan tiga pilihan untuk panjang bak belakang. Kalau Anda memilih trim yang paling tinggi, Anda akan dihadapkan dengan pilihan interior apakah ingin dibalut dengan kulit, kayu, atau metal. Dan itu semuanya asli.

Jika Anda lebih suka melibas medan off-road dengan mobil double cabin, RAM juga mempunyai varian khusus, yaitu 1500 Rebel. Varian ini hadir dengan ground clearance yang lebih tinggi, ban leboh besar dengan ukuran 33 inci, suspense yang lebih tinggi dengan shocks buatan Bilstein, dan locking rear differential. Dari sisi styling Rebel juga hadir dengan wajah yang lebih gagah dan tidak ada aksen krom sama sekali. Gril yang berwarna hitam, plastic cladding, dan lampu belakang yang bernuansa gelap menjadi pembeda antara Rebel dengan 1500 reguler. Tapi jika Anda kurang suka dengan gaya Rebel, terdapat paket 4x4 Off Road untuk trim lainnya.

Sektor keselamatan juga diperhatikan oleh RAM. Buktinya insinyur produsen mobil asal AS ini membenamkan sebanyak 100 fitur keselamatan dan keamanan ke dalam tubuh mobil yang juga sering digunakan oleh para petani ini. Sebut saja Adaptive Cruise Control, Forward Collision Warning, Ready Alert Braking, Lane Departure Warning, Blind Spot Monitoring, Kamera 360, dan masih banyak lagi.

RAM 1500 2019 ini mempunyai dua pilihan mesin. Unit yang pertama adalah Pentastar V6 berkapasitas 3.600 cc menghasilkan tenaga 306 hp. Pilihan kedua adalah HEMI V8 berkapasitas 5.700 cc yang menyemburkan tenaga 395 hp. Kedua mesin tersebut dipasangkan dengan transmisi otomatis 8-percepatan. Untuk penggemar mesin diesel, varian Ecodiesel akan menyusul untuk diluncurkan. Hal yang menarik pada sektor mesin adalah hadirnya pilihan eTorque System. Ini merupakan sistem mild hybrid dari FCA yang berkekuatan 48-volt.

Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
Elang
Elang
Dhika
Dhika
Mr. OtoMen
Mr. Otome
SW218
Sw218
Rilis
Rilis
Jusripulubuhu
Jusripulu
Cah Bagus
Cah Bagus

Video

Top Artikel Kolumnis

img1
Senin, 19 Feb 2018 - 21:49 wib
Vlog: Cara Setting Dashboard Yamaha Vixion R
img1
Rabu, 14 Feb 2018 - 10:47 wib
Intip Bentuk HOnda Scoopy Versi 2018
img1
Minggu, 18 Feb 2018 - 22:42 wib
Kia Ceed 2019 Hadir dengan Fitur Otonom Level 2
logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter