logo

bg-h4-whiteKolumnis


Senin, 16 Nov 2020 | 11:59

Hummer Kembali Hidup sebagai Mobil Listrik dengan Torsi 15.000 NM! Perkenalkan GMC Hummer EV 2022.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Seperti yang kita ketahui merk mobil Hummer sudah ‘dimatikan’ oleh General Motors (GM) pada tahun 2010 silam karena menurunnya penjualan dan isu lingkungan karena SUV bongsor tersebut boros bahan bakar dan juga emisi gas buang yang dihasilkan. Lalu setelah 1 dekade mengalami status hiatus, kini nama Hummer ‘hidup’ Kembali. Tapi kali ini bukan sebagai brand, melainkan sebagai salah satu lineup dari merk GM, GMC. 

Tentu dipilih GMC untuk menggunakan Hummer karena merk ini memang dari dulu sudah dikenal sebagai pembuat SUV, pickup truck, crossover, dan kendaraan komersial lain yang handal di Negeri Paman Sam. Kehadiran GMC Hummer EV ini bukanlah sebagai mobil berbahan bakar bensin atau diesel seperti generasi sebelumnya, tapi datang sebagai sebuah full-size truck yang ramah lingkungan karena sekarang bertenaga listrik. 

Desain eksterior Hummer EV ini masih menyiratkan bahasa desain Hummer yang lama. Ini terlihat dari tarikan garis body kendaraan yang mengotak. Untuk bagian depannya, mobil ini terlihat modern dengan lampu utama yang berbentuk persegi panjang yang sipit. Lampu LED Daytime Running Lights terlihat melintang dari sisi kanan sampai kiri. Tulisan ‘HUMMER’ pada bagian tengah antara lampu utama juga ikut menyala. Pada bagian ini mobil terlihat macho dengan bumper dan skid plate yang berukuran besar. 

Dari bagian samping, mobil ini semakin gagah karena mobil empat pintu ini menggunakan ban berukuran Goodyear Wrangler All Territory MT berukuran 35 inci sebagai kelengkapan standar (konsumen juga bisa memilih ban berukuran lebih besar, yakni 37 inci). Dengan ban berukuran standar (35 inci), mobil ini bisa berjalan menembus genangan air hingga kedalaman maksimal 610 mm. Sayangnya, untuk bagian belakang terlihat kurang menarik. Lampu belakang LED yang berbentuk persegi panjang dan diletakkan secara vertikal terlihat terlalu besar. Bumper bagian belakang hadir dengan bentuk ala heavy duty pickup truck dengan D-Ring. Hummer EV ini juga hadir dengan sistem pintu bak terbaru khas dari GM, MultiPro dengan 6 tipe bukaan. 

Kesan canggih dan modern juga terlihat begitu masuk ke interior mobil baru ini. Di balik roda kemudi model palang tiga terdapay panel instrumen yang full digital berukuran 12,3 inci. Pada bagian kokpit tengah terdapat sebuah layar sentuh berukuran 13,4 inci. Layar tersebut nantinya akan menampilkan sistem multimedia dan berbagai fitur lainnya, termasuk UltraVision yang menampilkan berbagai gambar keadaan di luar mobil dari 18 unit kamera yang ada dari bagian depan mobil, sampai bagain bawah. Tentu ini sangat berguna bagi pengemudi ketika melewati medan yang jelek. 

Selain itu juga terdapat sebuah widget yang akan menginformasikan mengenai keadaan jalan yang dilewati dan apakah fitur-fitur mobil berjalan dengan baik. GMC juga membenamkan sistem semi-otonom terbaru buatan GM, Super Cruise. Sistem ini bisa digunakan tanpa adanya campur tangan pengemudi di berbagai jalan sepanjang 321.869 km di kawasan Amerika Serikat dan Kanada. 

Salah satu fitur yang bikin penasaran adalah CrabWalk. Fitur ini memungkinkan roda depan dan belakang untuk berjalan dengan sudut yang sama pada kecepatan rendah sehingga mobil berjalan secara diagonal. Menurut pihak GMC, fitur ini sangat berguna ketika bermanuver di kondisi track yang sangat menantang. Selain itu juga, Hummer EV 2022 ini juga dilengkapi dengan suspensi udara yang memiliki Extract Mode. Pengemudi bisa menaikkan tinggi mobil sebanyak 149 mm untuk melewati medan yang ekstrim. 

Mobil dengan atap yang bisa dibuka ini memiliki 3 unit motor listrik. Tenaga maksimal yang dihasilkan adalah 1.000 hp dan torsi badak sebesar 15.592 Nm! Untuk peformanya, mobil ini mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dari keadaan diam dalam waktu 3 detik ketika menggunakan sistem launch control Watts to Freedom.  Baterai yang digunakan oleh mobil ini adalah Ultium dan memiliki jarak tempuh sejauh 563 km. Ketika mengisi ulang baterai, dalam waktu 10 menit Hummer EV ini sudah bisa digunakan untuk berjalan sejauh 161 km.

Selain varian seperti yang tersebut di paragraf sebelumnya, pihak GMC juga akan memasarkan barian lainnya, yakni EV 3X pada musim panas 2022. Tipe ini masih menggunakan 3 unit motor listrik tapi tenaga yang dihasilkan lebih kecil, yakni 800 hp dan torsi lebih ‘kecil’ juga, 12.880 Nm. Jarak tempuhnya adalah sekitar 483 km. 

Tujuh bulan kemudian, tepatnya pada musim semi 2023 GMC akan meluncurkan varian lainnya, yaitu EV 2X. Varian ini menggunakan 2 unit motor listrik dengan total tenaga 625 hp dan memiliki torsi 10.033 Nm. Jarak tempuh yang bisa diraih sama dengan tipe EV 3X, yaitu 483 km. Lalu pada musim semi 2024, akan dijual varian terakhir yang merupakan tipe paling rendah dari Hummer EV. Motor listrik yang digunakan sama dengan tipe EV 2X tapi dengan jarak tempuh sekitar 402 km. 

Bagi Anda yang menginginkan varian SUV dari Hummer EV ini, jangan khawatir. Karena kabarnya pihak GMC akan memperkenalkannya tahun depan. 

Photos: Carscoops


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Otowheel
Otowheel
ZonaVanza
Zonavanza
Rider
Rider

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter