logo

bg-h4-whiteKolumnis


Minggu, 11 Oct 2020 | 12:41

Hongqi E-HS9 2021. SUV Mewah Bertenaga Listrik Pertama di Dunia.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Selain memperkenalkan varian baru H9+ yang lebih panjang, pabrikan mobil mewah asal Cina, Hongqi, menampilkan SUV mewah terbarunya yang berukuran besar alias full-size SUV. Bernama E-HS9, SUV berukuran raksasa ini bukanlah SUV pada umumnya karena mengandalkan tenaga listrik untuk bergerak. Mobil ini bisa menjadi SUV mewah pertama yang mengandalkan full-electric sebagai tenaga penggeraknya.

SUV listrik ini dikembangkan dengan basis mobil konsep Hongqi E115 yang melakukan debutnya pada pameran mobil 2 tahunan, Frankfurt Motor Show 2019. Tak heran bila antara E-HS9 dan E115 memiliki kemiripan pada sektor eksterior. Mobil yang didesain oleh Gilles Taylor (mantan kepala desainer di Rolls-Royce) ini memiliki tampak depan yang gagah dan mewah. Lampu LED Daytime Running Lights masih mengadopsi bentuk persegi panjang dan terlihat sipit. Perubahan paling signifikan terjadi pada ‘gril’ mobil dimana pada versi produksi diberikan motif garis-garis vertikal (pada versi konsep bagian ini diberikan pahatan bermotif berlian). 

Tim desainer Hongqi mengganti saluran udara yang pada versi konsep berada di bawah lampu utama dengan lampu utama yang sudah LED. Hal yang menarik ada pada pilar C yang diberikan aksen garis-garis horizontal sama seperti pada versi konsepnya. Untuk bagian belakangnya, E-HS9 hadir dengan lampu belakang yang menyatu mengikuti tren saat ini. Motif kotak-kotak berukuran kecil pada versi konsep dihilangkan agar full-size SUV ini terlihat lebih manusiawi. Seberapa besarkah mobil listrik ini? Menurut pihak Hongqi, E-HS9 2021 memiliki panjang 5.209 mm, lebar 2.010 mm, tinggi 1.731 mm, dan jarak sumbu roda 3.110 mm. Jika dibandingkan dengan BMW X7, Hongqi E-HS9 ini lebih panjang 58 mm. Tapi wheelbase-nya lebih pendek 5 mm. 

Beberapa elemen interior mobil ini dilapisi oleh kulit dan kayu dengan aksen aluminium membuat desain kabin E-HS9 tampak mewah dan elegan. Di belakang roda kemudi palang tiganya terdapat panel instrumen yang sudah full digital. Untuk mengontrol suhu kabin, jok, dan lainnya tidak memerlukan tombol-tombol lagi karena pihak Hongqi menyatukannya dalam sebuah layar sentuh yang diletakkan pada konsol tengah.

Mobil yang hanya dijual di Cina ini memiliki dua pilihan tenaga motor listrik. Pilihan pertama bertenaga 215 hp dan torsi 350 Nm dengan jarak tempuh mencapai 460 km. Lalu pilihan kedua adalah motor listrik dengan tenaga 328 hp dan torsi 450 Nm. Untuk jarak tempuhnya mencapai 510 km. 

Photos: Carscoops


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Otowheel
Otowheel
ZonaVanza
Zonavanza
Rider
Rider

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter