logo

bg-h4-whiteKolumnis


Minggu, 27 Sep 2020 | 14:07

BYD Song Plus 2021. Mid-Size Crossover Bermesin Konvensional dari Pabrikan Pembuat Mobil Listrik.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Selama ini pabrikan mobil asal Cina, Build Your Dream (BYD), dikenal sebagai salah satu pabrikan mobil listrik terkemuka. Tapi ternyata mereka juga mempunyai lineup dengan tenaga mesin konvensional. Baru-baru ini produsen mobil yang berkantor pusat di kota Xi’an ini meluncurkan Song Plus. Mobil ini masuk ke dalam segmen crossover kelas menengah di Cina. 

Dari sektor stylin eksterior, tim desainer BYD memberikan bahasa desain terkini yang bernama Dragon Soul. Bahasa desain tersebut mengkombinasikan elemen elegan pada sedan dengan kedinamisan SUV. Pada bagian depannya terdapat gril berukuran besar dengan bentuk heksagonal. Motif pada gril terinspirasi dari elemen baju besi yang dipakai oleh pasukan Tiongkok jaman dulu. Lampu depannya berbentuk lonjong dan sudah full LED. Sedangkan untuk bagian belakang terdapat lampu belakang dengan LED High-Beam dengan grafik kotak-kotak. 

Sementara itu untuk bagian dalamnya, BYD Song Plus ini hadir dengan desain yang ‘bersih’ dan simpel. Tim desainer pabrikan menggunakan gradasi warna antara coklat dan hitam serta juga terdapat elemen interior yang dibalut dengan suede berkualitas tinggi. Seperti mobil masa kini, pada kokpit tengah terdapat layar sentuh multimedia dengan penempatan sedemikian rupa sehingga terlihat seperti melayang. Panel instrumen juga sudah full digital. Menariknya, pada bagian penumpang depan terdapat panel digital yang bisa menampilkan berbagai informasi. 

Pihak BYD mengklaim bahwa mid-size crossover ini mempunyai kabin yang lapang dengan jok baris kedua yang menyerupai kursi kelas bisnis pada pesawat terbang. Untuk kapasitas bagasinya adalah mencapai 574 loter dalam keadaan standar dan bisa membengkak menjadi 1.477 liter jika semua kursi baris kedua dilipat. Untuk dimensinya, Song Plus mempunyai panjang 4.705 mm, lebar 1.890 mm, tinggi 1.680 mm, dan jarak sumbu roda 2.765 mm. 

Mobil ini dijejali dengan berbagai fitur canggih, seperti sistem multimedia yang bernama DiLink 3.0 yang mendukung update sistem dengan cara Over The Air (OTA), Near Filed Communication (NFC) yang bsia digunakan untuk membuka atau mengunci mobil, sampai remote control terintegrasi dengan aplikasi ponsel yang memungkinkan pengemudi menggerakkan Song Plus secara otonom. Selain itu juga terdapat fitur asisten pengemudi yang tergabung dalam DiPilot. Sistem tersebut terdiri dari lebih dari 20 fitur, seperti adaptive cruise control, lane departure warning, kamera 360, dan masih banyak lagi.

Song Plus 2021 merupakan mobil pertama BYD yang menggunakan mesin bensin 4 silinder berkapasitas 1.500 cc dilengkapi dengan turbocharged menghasilkan tenaga 182 hp dan memiliki torsi 288 Nm. Gearbox yang digunakan adalah kopling gamda otomatis 7-percepatan. 

Photos: Carscoops


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Otowheel
Otowheel
ZonaVanza
Zonavanza
Rider
Rider

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter