logo

bg-h4-whiteKolumnis


Minggu, 20 Sep 2020 | 17:54

Lucid Air 2021. Sedan Mewah Bertenaga Listrik dengan Daya Jelajah 800 KM.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Industri mobil punya pendatang baru dari Amerika Serikat (AS), yakni Lucid Motors. Awalnya, perusahaan ini bernama Atieva yang didirikan pada tahun 2007. Pada waktu itu, perusahaan ini bertugas untuk memproduksi baterai kendaraan dan mesin untuk pabrikan mobil lainnya. Tapi pada Oktober 2016, Atieva berubah nama menjadi Lucid Motors dan memproklamirkan diri sebagai produsen mobil yang akan membuat mobil listrik dengan peforma tinggi dan mewah. Dan pada tahun yang sama mereka memperkenalkan prototipe dari mobil pertama mereka, Air. Dan baru-baru ini Lucid memperkenalkan versi produksinya kepada publik dunia.

Sesuai dengan visi perusahaan, Lucid Air ini hadir dengan format sedan mewah 4 pintu. Desainnya menggabungkan unsur futuristik dan kemewahan. Pada bagian depannya, lampu utama Air terdiri dari titik-titik lampu LED yang disusun secara horizontal. Diantara lampu depan tersebut terdapat tulisan 'LUCID' yang beralaskan aksen krom. Bumper bagian depannya terlihat simpel tidak dipenuhi oleh saluran udara seperti pada mobil dengan mesin konvensional. Pada bagian tersebut hanya terdapat lampu kabut LED. Untuk menjaga agar mobil tetap aerodinamis, maka handle pintu dibuat dengan model pop-up layaknya Mercedes S-Class terbaru atau mobil-mobil sport Eropa. Konsumen bisa memilih pelek mobil dengan ukuran 19 inci atau 21 inci berdasarkan tipe yang dijual. Pada bagian belakang terdapat lampu LED yang menyatu dan diantaranya terdapat emblem bertuliskan 'LUCID' .

https://www.carscoops.com/wp-content/uploads/2020/09/2021-Lucid-Air-2-1.jpg

Sama seperti dengan bagian eksterior, kabin sedan ini juga didesain dengan sentuhan futuristik, mewah, dan juga lapang. Di belakang roda kemudi yang terkesan klasik, terdapat sebuah layar dengan laca melengkung berukuran 34 inci dengan teknologi 5K yang menyatukan panel instrumen dengan layar multimedia. Pada bagian konsol terngah terdapat juga sebuah layar sentuh HD yang berisi beberapa fitur penting mobil yang disebut Pilot Panel. Menariknya, jika Pilot Panel sedang tidak digunakan, pengemudi bisa 'melipatnya' ke dalam dashboard dan memberikan tambahan ruang penyimpanan. Mobil ini sudah menggunakan sistem Amazon Alexa dan dapat dilakukan update sistem secara Over the Air (OTA). 

Menurut pihak Lucid, mobil ini bisa memuat tiga orang pada bagian belakangnya. Tapi pabrikan mobil asal AS ini juga berencana kana merilis varian lebih mewah dimana pada bagian belakang hanya dapat memuat 2 orang dengan jok seperti sedan mewah pada umumnya. Mengikuti tren saat ini, Lucid Air juga dibekali dengan sistem otonom yang terdri dari 32 unit sensor, LiDAR dengan teknologi HD, dan juga peta digital HD. Pihak pabrikan mengatakan bahwa sistem otonom yang tertanam pada Air adalah Level 2 dan Level 3.

https://www.carscoops.com/wp-content/uploads/2020/09/2021-Lucid-Air-7.jpg

Terdapat beberapa varian yang ditawarkan untuk konsumen Air. Tipe pertama adalah Touring yang bertenaga 620 hp yang mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dalam waktu 3,2 detik. Mobil ini bisa menjelajah sejauh 653 km ketika baterai penuh. Selain itu Air Touring hadir dengan pelek berukuran 19 inci. Tipe selanjutnya adalah Grand Touring yang dibekali dengan 2 unit motor listrik dan memiliki total tenaga 800 hp. Pihak Lucid mengatakan bahwa Air Grand Touring mampu mencapai kcepatan 100 km/jam dari keadaan diam dalam waktu 3 detik. Ketika baterai dalam keadaan penuh maka varian ini mampu diajak bepergian hingga sejauh 832 km. Ukuran pelek yang digunakan sama dengan tipe Touring, yakni 19 inci.

https://www.carscoops.com/wp-content/uploads/2020/09/2021-Lucid-Air-5.jpg

Varian paling atas bernama Dream Edition yang fokus pada peforma tinggi. Sama seperti tipe Grand Touring, tipe ini juga mempunyai sepasang motor listrik. Tapi total tenaganya jauh lebih kencang, yakni 1.080 hp dan mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dalam waktu 2,5 detik. Daya jelajahnya untuk versi ini tergantung pada ukuran ban yang digunakan. Jika menggunakan ban berukuran 19 inci maka sanggup berjalan sejauh 809,5 km dan jika memakai ban berdiameter 21 inci mampu menjelajah 748 km. Sebenarnya Lucid Air ini masih mempunyai satu varian yang paling rendah, tapi sampai saat ini pihak pabrikan belum mengumumkan spesifikasinya.


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Otowheel
Otowheel
ZonaVanza
Zonavanza
Rider
Rider

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter