logo

bg-h4-whiteKolumnis


Sabtu, 12 Sep 2020 | 18:13

Skoda Perkenalkan Crossover Listrik Pertamanya, Enyaq iV 2021.

Penulis : Andhika Pradityo
img1

img1

Dhika

Kendaraan listrik bukanlah hal baru untuk Skoda. Karena pada tahun 2019 lalu mereka meluncurkan Citigo iV yang full-electric. Tapi produk tersebut bukanlah 100% baru, melainkan pengembangan varian dari Citigo reguler. Baru-baru ini pabrikan mobil asal Ceko tersebut memperkenalkan mobil listrik baru. Bernama lengkap Skoda Enyaq iV 2021, merupakan mobil electric yang benar-benar baru dan muncul sebagai crossover kompak. Ya, tampaknya unsur mobil listrik dan crossover adalah resep yang baik agar mobil mencapai penjualan yang gemilang mengingat 2 hal tersebut sedang digandrungi masyarakat dunia.

Mobil ini didesain dengan sedikit terinspirasi dari mobil konsep Skoda Vision iV Concept yang mejeng pada pameran mobil Geneva Motor Show 2019 silam. Ini terlihat dari hadirnya lampu LED Daytime Running Lights yang melintang dari sisi kanan sampai kiri mobil melewati gril pada bagian moncong. Lampu utama Enyaq ini memiliki bentuk persegi panjang dan untuk varian paling mahal terdapat lampu utama yang terdiri dari 130 lampu utama LED. Adanya garis pemisah di bagian tengah gril membuat crossover listrik ini secara sekilas mirip dengan BMW. Lalu untuk bagian belakangnya tim desainer Skoda memberikan lampu belakang LED dengan bentuk segitiga.

https://www.carscoops.com/wp-content/uploads/2020/09/2021-Skoda-Enyaq-iV-21.jpg

Kesan minimalis langsung terasa begitu masuk ke bagian interior compact crossover ini. Pada bagian kokpit tengah 'berdiri' sebuah layar sentuh dengan ukuran 10 inci atau konsumen juga bisa memilih ukuran yang lebih besar, yakni 13 inci. Di belakang setir palang dua terdapat panel instrumen berukuran kompak dan sudah full-digital. Menariknya, pihak Skoda menawarkan 10 tema yang berbeda untuk kabin mobil listrik ini, seperti Lodge dan ecoSuite. Untuk Lodge, jok mobil dibungkus dengan bahan wol 40% dan polyester dari botol yang didaur ulang sebesar 60%. Sedangkan untuk tipe ecoSuite mempunyai kulit dengan warna coklat dan dapat dirawat dengan tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya.

Untuk kelengkapan standar bawaan cukup lengkap, seperti setir yang dibalut kulit, climate control dengan dual-zone, sampai tombol untuk menyalakan atau mematikan mobil. Sementara itu untuk varian yang lebih tinggi daftar kelengkapan standar semakin banyak, seperti roda kemudi dengan sistem pemanas, sensor parkir, kamera belakang, dan lain sebagainya. Sistem asisten pengemudi juga hadir pada mobil ramah lingkungan ini, seperti Adaptive Cruise Control, Adaptive Lane Assist, Collision Avoidance Assist, Traffic Jam Assist, Turn Assist, Travel Assist, dan Exit Warning.

https://www.carscoops.com/wp-content/uploads/2020/09/2021-Skoda-Enyaq-iV-64.jpg

Tenaga penggerak yang ditawarkan Skoda untuk Enyaq iV ini cukup beragam. Pilihan paling rendah adalah 50 Variant. Model ini menggendong baterai berkekuatan 55 kWh lithium ion yang diletakkan di roda belakang. Tenaga yang dihasilkan adalah 146 hp dan torsi 220 Nm. Untuk jarak tempuhnya adalah 340 km dalam keadaan baterai penuh dan kecepatan maksimalnya adalah 160 km/jam. Varian kedua adalah 60 Variant yang dibenamkan baterai berkapasitas 62 kWh pada roda belakang dan memproduksi tenaga 177 hp bertorsi 310 Nm. Dalam keadaan baterai penuh Enyaq iV 60 Variant ini bisa menjelajah sejauh 390 km.

Tipe ketiga adalah 80 Variant yang membawa baterai lithium ion berkapasitas 82 kWh. Motor listrik yang digunakan pada model ini bertenaga 201 hp dengan torsi 310 Nm. Mobil ini bisa dibawa sejauh 510 km jika baterai dalam keadaan penuh. Lalu ada model 80x Variant menggunakan sepasang motor listrik yang berarti ini adalah tipe penggerak 4 roda. Total tenaga yang dihasilkan adalah 261 hp dan torsi 425 Nm serta mampu menjelajah sejauh 460 km. Varian paling tinggi adalah RS yang menggunakan 2 unit motor listrik. Total tenaga yang disemburkan adalah 302 hp dengan torsi 460 Nm. Daya jelajahnya adalah 460 km.

Photos: Carscoops


Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Dhika
dhika.otojurnalisme.com

pembaca, penulis, penggemar mobil, penggemar Stephen King, blogger. IG: dikarocks

Join Date : Rabu, 07/12/2016 14:25

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
OtoXplore
Otoxplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
ZonaVanza
Zonavanza
Rider
Rider
Otowheel
Otowheel

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter